Panduan Lengkap Lulus Beasiswa ke Jepang

Daftar Isi

 Panduan Lengkap Beasiswa ke Jepang Beasiswa

Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendi- dikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Sudah ba- nyak, tho, orang Indonesia yang menerima beasiswa yang cukup bergengsi ini. Informasi dari website Kedutaan Besar Jepang menyebutkan bahwa beasiswa ini diberikan dalam bentuk beasiswa penuh, yaitu mencakup biaya studi dan biaya hidup, dan tanpa ikatan apa pun.

Di website Kedutaan Jepang ada dijelaskan pula program-program yang ditawarkan untuk jenis beasiswa ini adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, undergraduate (S1), College of Technology (D3), Professional Training College (D2) bagi lulusan SLTA, Japanese Studies bagi maha- siswa program studi Jepang, dan Teacher Training bagi para guru. Untuk kamu yang masih duduk di Sekolah Menengah Atas, dapat mengajukan apli- kasi beasiswa untuk tiga jen- jang pendidikan tinggi di Jepang, yaitu undergraduate, College of Technology, atau Professional Training College.

Untuk program 51, masa studinya adalah lima tahun, termasuk satu tahun belajar bahasa Jepang. Untuk kamu yang akan kullah di Jurusan Kedokteran Gigi, Kedokteran Umum, Kedokteran Hewan, masa studinya bisa lebih lama lagi, yaitu maksimal tujuh tahun. Persyaratan untuk mendaftar program ini adalah nilai rata-rata ijazah dan rapor kamu di kelas 3 SMA semester terakhir rata-rata 8,4. Kamu juga harus lulus ujian yang dipersyaratkan. Materi yang diujikan tergantung dari jurusan bidang studi kamu, apakah IPA atau IPS.

Sementara itu, kalau kamu lebih tertarik untuk program D3 di bidang teknologi, kamu bisa menjajaki program beasiswa dari College of Technology. Masa studinya empat tahun termasuk setahun belajar bahasa Jepang. Persyaratan yang ditentukan adalah lulusan IPA dengan nilai rata-rata ijazah dan rapor kelas 3 SMA semester terakhir 8.0. Materi yang diujikan, adalah matematika, kimia, dan fisika.

Nah, untuk Profesional Training College (D-2) masa studinya tiga tahun termasuk setahun belajar bahasa Jepang. Program ini menawarkan pelatihan praktis untuk pendidikan kejuruan. Pilihannya ber- macam-macam, lho, ada Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Nutrisi, Ilmu Sekretaris, Perhotelan,dan beberapa pilihan pelatihan praktis lainnya. 

Selain beasiswa untuk S1, MEXT juga menawar- kan beasiswa untuk Program Research Student di per- guruan tinggi di Jepang. Program Research Student ditujukan untuk mereka yang berminat dalam Program Research Student di perguruan tinggi di Jepang. Saat menjalani research student, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan peminat diperbolehkan melamar ke program degree (S-2/S-3 /Professional Graduate Course) atau meneruskan program S-3 setelah me- nyelesaikan program S-2. Peminat juga dapat lang- sung masuk ke program degree tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Menarik sekali bukan?

Persyaratan untuk mengajukan aplikasi beasiswa Persyaratan untuk mengajukan aplikasi beasiswa research student ini adalah memenuhi batasan usia tertentu, IPK minimal 3.0 baik S1 maupun S2, nilai TOEFL-PBT minimal 550 atau TOEFL-CBT minimal 213 atau TOEFL-IBT minimal 79 atau ekuivalen, atau nilai Japanese Language Proficiency Test minimal level 2. Kamu juga diharuskan memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu yang sebelumnya untuk menjaga konsistensi bidang ilmu yang digeluti. Satu hal yang menarik adalah kamu juga harus bersedia belajar bahasa Jepang. Yup, mengingat Jepang adalah bukan termasuk negara berbahasa Inggris, kamu harus bisa menyesuaikan kondisi tersebut.

MEXT juga memberikan beasiswa untuk Research Student University to University, atau yang populer dengan sebutan U to U. Program ini pada dasarnya sama dengan Program Research Student, tetapi untuk Program University to University ini, pelamar harus mencari profesor pembimbing di salah satu perguruan tinggi Jepang yang menjalin kerja sama dengan almamater pelamar. Saat melakukan kontak dengan profesor, pelamar harus mengirimkan proposal penelitian, transkrip nilai, dan riwayat hidup kepada profesor tersebut.

Untuk bisa mengajukan aplikasi beasiswa ini, usia kamu harus di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April tahun keberangkatan (baik untuk S2 maupun S3). Status kamu bisa pegawai negeri, swasta, ataupun mahasiswa yang telah menyelesaikan S1. Dalam program ini, ditekankan bahwa antara pelamar dan profesor harus dapat saling bekerja sama sehingga jika kamu ingin mendaftar, kamu harus mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik dan dapat menjelaskan rencana tesis serta mengutarakan pendapat dengan baik.

Benefit yang diberikan untuk program ini bersifat penuh dan tanpa ikatan dinas. Kamu akan diberikan tiket kelas ekonomi PP, bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan matrikulasi, tunjangan kedatangan, dan asrama.

Program lain yang ditawarkan adalah Program Japanese Studies. Ini merupakan salah satu beasiswa yang dirancang khusus bagi para mahasiswa yang sedang kuliah di Jurusan Sastra Jepang untuk me- ningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memper- dalam kebudayaan Jepang. Jenis program ini adalah program non-gelar dan durasinya adalah selama satu tahun.

Persyaratannya kamu harus terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang. Usia kamu tidak boleh di atas 30 tahun, dan lebih diprioritaskan mahasiswa dari tingkat tiga ke atas (kecuali, jika kamu direkomendasikan oleh perguruan tinggi kamu).

Selanjutnya adalah Teacher Training Program (Program Penataran Guru). Program ini dirancang khusus untuk guru di Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Pelatihan yang diberikan, antara lain mengenai cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif dan menarik, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan guru. Program ini sifatnya non-gelar, sama seperti program kejuruan di atas. Namun, karena durasinya satu tahun enam bulan, pasti cukup menyenangkan bisa tinggal dan mengenal budaya Jepang, plus kamu juga bisa jalan-jalan.

Kalau kamu sudah cukup tertarik, buruan down- load formulir pendaftarannya. Namun, sebelum itu, baca lebih detail informasi tentang masing-masing program ini yaa. Ayo semangat! 

Posting Komentar