FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA PERBEDAAN PENJUALAN DENGAN ANGGARAN YANG TELAH DITETAPKAN
Daftar Isi
Kadang ada perbedaan yang
terjadi antara pelaksanaan dengan anggaran penjualan. Perbedaan tersebut harus
diatasi dan dicari penyebabnya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan penjualan berbeda dengan anggaran yang telah ditetapkan yaitu:
a.
Kondisi dan kemampuan penjual
Pembeli
melakukan pembelian suatu produk tergantung pada kondisi yang dihadapinya,
apakah ia membutuhkan barang yang ditawarkan, apakah pembeli mempunyai budget
yang cukup untuk membeli suatu produk dan apakah barang yang akan dibelinya
mendatangkan manfaat baginya. Oleh karena itu penjual harus dapat meyakinkan
pembeli agar melakukan pembelian dan penjual harus memahami mengenai jenis
serta karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk dan syarat penjualan
yang diinginkan.
b.
Kondisi pasar
Apakah
pasar sedang menginginkan produk yang ditawarkan atau menolak produk tersebut,
daya beli dari segmentasi pasar yang dituju apakah mempunyai potensi untuk
melakukan pembelian.
c.
Modal
Agar
barang lebih dikenal, maka perusahaan harus mempromosikan produknya. Selain itu
perusahaan juga memerlukan alat transport untuk mengantarkan pesanan konsumen.
Untuk melakukan hal itu semua, perusahaan membutuhkan modal. Jika perusahaan
tidak ada modal, maka pertumbuhan penjualannya tidak akan meningkat.
d.
Kondisi organisasi perusahaan
Pada
perusahaan, masalah penjualan seharusnya ditangani oleh bagian tersendiri yang
tidak melakukan fungsi-fungsi lainnya di perusahaan. Dengan demikian bagian ini
akan lebih konsentrasi dalam menangani masalah penjualan.
e.
Faktor-faktor lain
Seperti
periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi
penjualan. Dimana untuk melakukannya dibutuhkan dana yang tidak sedikit.
Dalam hal pelaksanaan
penjualan ini, controller dan para staffnya dapat membantu dalam memajukan
penjualan melalui penggunaan berbagai teknik analistis, seperti yang
diungkapkan berikut ini:
a.
Analisa terhadap prestasi pelaksanaan penjualan
dimasa yang lalu dalam hubungannya dengan harga dan volume untuk menemukan
perkembangan, kelemahan atau tendensi yang tidak memuaskan.
b.
Memberikan bantuan kepada manajemen penjualan
dalam menetapkan anggaran penjualan menyeluruh yang sesuai dan melaporkan
persesuian pelaksanaan dengan rencana.
c.
Memberikan bantuan kepada manajemen pejualan
dalam menetapkan standar pelaksanaan penjualan.
d.
Penyiapan analisa yang sehat mengenai biaya
dan investasi, untuk dipergunakan dalam menetapkan harga-harga produk.
Hasil dari pelaksanaan
penjualan dicatat dan dicantumkan dalam laporan-laporan sehingga dapat dipakai
sebagai dasar membuat keputusan mengenai tindakan koreksi yang harus diambil.
Posting Komentar