Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH BERDIRINYA INDOSIAR




Berikut tentang sejarah berdirinya Indosiar. PT. Indosiar Visual Mandiri Tbk. adalah salah satu perseroan yang bergerak di bidang pertelevisian, sebagai stasiun penyiaran juga sekaligus rumah produksi. Indosiar didirikan berdasarkan Akta Perseroan Terbatas No. 165 tanggal 19 Juli 1991 dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. C2-6430.HT.01.01.TH.’93 tanggal 22 Juli 1993 serta didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tanggal 3 Agustus 1993 di bawah No. 647/A.PT/HKM/1993/PN.JAK.SEL dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 84 tanggal 19 Oktober 1993 Tambahan No. 4916.
 Indosiar memulai siaran percobaan pada akhir tahun 1994, dan mulai beroperasi pada awal tahun, tepatnya 11 Januari 1995. Indosiar merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi digital. Ijin siaran nasional diperoleh No. 208/RTF/K/I/1993 tanggal 30 Januari 1993 yang mengatur antara lain penyesuaian atas status ijin prinsip dari Stasiun Penyiaran Televisi Swasta Khusus (SPTS-K) menjadi Stasiun Penyiaran Televisi Swasta Umum (SPST-U).

Jangkauan siarannya sendiri saat ini telah meliputi 120 kota di Indonesia  melalui 19 stasiun pemancar. Kemudian jangkauan ini akan terus diperluas dari waktu ke waktu.
Sampai dengan saat ini Indosiar telah menyajikan berbagai jenis program produksi sendiri yang telah mencapai 13.335 jam program yang terdiri dari 1.382 jam program drama dan 11.953 jam program non drama. Dari tahun ke tahun terdapat peningkatan jumlah jam produksi seiring dengan peningkatan fasilitas produksi dan kualitas sumber daya manusia.
Berbagai program produksi Indosiar telah berhasil mendapat pengakuan di ajang nasional maupun internasional. Salah satunya yaitu pada tahun 2000 mendapat penghargaan sebagai Runner-up Broadcaster of the Year dari Asian Television Award.
Indosiar juga dikenal sebagai stasiun televisi dengan terobosan baru di bidang pertelevisian di Indonesia, seperti strategi penayangan program pada hari berurutan (strip-in), penulisan lirik lagu (subtitle) untuk karaoke pemirsa di rumah, pembuatan program sekaligus media promosi (promotainment), jajak pendapat jarak jauh (telepooling), sponsor produk dalam sebuah program (built in sponsorship), dan penggalangan dana bantuan yang terintegrasi antara telepon, ATM dan program televisi yang direspon baik oleh masyarakat. Dengan dukungan lebih dari 1600 karyawan, Indosiar senantiasa berusaha memberikan program-program informasi, pendidikan dan hiburan yang terbaik kepada masyarakat.


Posting Komentar untuk "SEJARAH BERDIRINYA INDOSIAR"