BENTUK FISIK HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT

Daftar Isi
Pikiran Rakyat
Penampilan bentuk fisik dari Harian Umum Pikiran Rakyat selalu diupayakan untuk memenuhi kebutuhan serta minat pembacanya dengan tidak melupakan idealisme perusahaan dalam fungsinya sebagai penyalur aspirasi rakyat.
Setiap hari Harian Umum Pikiran Rakyat terbit dengan jumlah halaman bervariasi sekitar 12 hingga 16 halaman, terkadang lebih dari itu bila ada peristiwa khusus seperti pidato pertanggungjawaban Presiden di depan Sidang Umum MPR, atau pada saat pengumuman hasil UMPTN.

Kebijaksanaan penyajian tiap halaman, kecuali halaman satu berbeda-beda sesuai dengan titik permasalahan yang telah digariskan oleh redaksi.
Selain itu Harian Umum Pikiran Rakyat pada hari-hari tertentu memberikan tambahan halaman berupa Suplemen pada halaman tengahnya seperti
- Teropong               :Suplemen Pemerintah, hukum, pendidikan, agama, suplemen ini   terbit hari Senin dan dikelola oleh Desk Nasional.
- Cakrawala              :Suplemen teknologi terbit setiap hari Selasa dan dikelola oleh bagian sistem Informasi Komputer atau BPPSI Pikiran Rakyat.
- Gelora                   :Suplemen olah raga terbit setiap hari Rabu dan dikelola oleh Desk Olah raga.
- Binangkit               :Suplemen keluarga terbit setiap hari Jum’at frekuensi dua minggu sekali dan dikelola oleh Desk Kota. Sekarang bernama Suplemen Hikmah.
- Khazanah               :Suplemen kebudayaan terbit setiap Jum’at minggu pertama setiap bulan bergantian dengan Hikmah, dan dikelola oleh Desk Budaya.
- Daerah                  :Suplemen daerah terbit setiap ulang tahun daerah di Jawa Barat.
Setiap hari Minggu terbit 16 halaman dengan isi yang berbeda dari hari-hari biasa dan lebih menitikberatkan pada aspek hiburan.  Ukuran halaman Harian Umum Pikiran Rakyat yaitu 500 mm x 450 mm dengan Luas tercetak 41 mm2.  Sedangkan kolomnya terdiri dari 9 kolom berukuran 53 mm x 42 mm.


Posting Komentar