Download RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2023 (Modul Ajar Lengkap)
Daftar Isi
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 1 ( Modul Ajar Lengkap )
Adapun saran kami sebelum mendownload, Bapak Ibu dapat menyimak contoh RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2023 yang admin bagikan sebgai berikut :
Kelas: 6
Alokasi waktu: 70 menit
Jumlah pertemuan: 1
Jumlah siswa disarankan: 20-28
Fase capaian: C - SDA dan Kegiatan Ekonomi
Tujuan Pembelajaran:
● Siswa mendefinisikan sumber daya alam melalui pengamatan dan diskusi.
● Siswa mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan jenis dan sifatnya.
Pengetahuan/keterampilan prasyarat:
Siswa telah mempelajari jenis benda dan bahan. Guru dapat mengajak
siswa mengingat topik ini saat berdiskusi.
Profil Pelajar Pancasila:
bernalar kritis, bergotong-royong
Model pembelajaran:
❏ Tatap muka
Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:
❏ Siswa reguler/tipikal
❏ Siswa dengan hambatan belajar
❏ Siswa cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)
❏ Siswa dengan ketunaan
Ketersediaan materi:
Apa itu sumber daya alam?
Jika memerhatikan sekeliling, kita menggunakan banyak benda untuk membantu pekerjaan sehari-hari, misalnya kursi untuk duduk, pensil untuk menulis, sendok untuk makan, dan lain sebagainya.
Bahan-bahan pembuat benda tersebut berasal dari alam. Segala sesuatu di alam yang digunakan manusia untuk bertahan hidup adalah sumber daya alam (SDA).
SDA dapat dibagi ke dalam jenis hayati dan nonhayati. SDA hayati berupa makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. SDA nonhayati merupakan benda mati, misalnya tanah, air, udara, minyak bumi, dan lain sebagainya.
Beberapa SDA selalu tersedia dan dengan cepat terbarukan jika digunakan manusia. Namun, ada juga SDA yang membutuhkan waktu lama untuk tersedia kembali yang disebut tak terbarukan.
Kegiatan pembelajaran utama:
❏ Individu
❏ Berpasangan
❏ Berkelompok (> 2 orang)
Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran?
❏ Asesmen individu
❏ Asesmen kelompok
Jenis asesmen:
❏ Tertulis
❏ Performa
Metode:
❏ Diskusi ❏ Presentasi
❏ Demonstrasi ❏ Project
❏ Eksperimen ❏ Eksplorasi
❏ Permainan ❏ Ceramah
❏ Kunjungan lapangan ❏ Simulasi
Alat dan bahan:
papan tulis, spidol papan tulis, alat tulis, lembar ilustrasi benda (7 lembar), lembar refleksi (sejumlah siswa)
Perkiraan biaya:
Print lembar ilustrasi benda dan lembar refleksi: Rp 1.000,- per lembar (alternatif: guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar) Foto copy lembar refleksi: Rp 200,- per lembar (alternatif: buku tulis siswa)
Persiapan mengajar:
1. Mencetak lembar kegiatan atau menyiapkan benda yang akan diamati
2. Memahami hal-hal penting mengenai sumber daya alam
Urutan kegiatan:
Pra Pembelajaran:
1. Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.
2. Guru membagikan lembar ilustrasi benda pada setiap kelompok.
3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan kesamaan dari benda-benda dalam lembar tersebut. Guru bisa mengarahkan siswa untuk memerhatikan bahan pembuat, fungsi, dan lain sebagainya.
4. Guru mempersilakan siswa untuk membagikan hasil diskusi mereka. Guru perlu mencatat poin yang disampaikan oleh siswa di papan tulis.
Inti Pembelajaran
5. Guru mengajak siswa untuk memerhatikan poin-poin yang tercatat dan menyimpulkannya bersama. Kesimpulan akhir yang iharapkan adalah seluruh benda berasal dari alam.
6. Guru memperkenalkan istilah “Sumber Daya Alam” dan mengaitkannya dengan kesimpulan yang telah dibuat sebelumnya. Guru juga bisa mengajak siswa untuk menjelaskan hal yang mereka ketahui dan pahami dari istilah ini.
7. Guru menugaskan siswa untuk mengelompokkan benda-benda tersebut ke dalam dua (atau lebih) kelompok berdasarkan jenis bahan pembuatnya.
8. Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk berbagi hasil pekerjaannya. Guru bisa mengajukan pertanyaan arahan, seperti: “Berapa kelompok yang berhasil kalian buat?”; “Apa yang membuat kalian berpikir bahwa benda-benda tersebut (guru juga bisa menyebutkan tulisan dalam kartunya) berada dalam kelompok yang sama?".
9. Guru menjelaskan SDA dapat dibagi ke dalam jenis hayati dan non hayati, serta terbarukan dan tak terbarukan. Guru perlu menyebutkan kembali hasil diskusi kelompok yang telah mengarah pada hal ini.
Penutup Pembelajaran
10. Guru mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan mereka. “Apa temuanmu yang paling menarik?”; “Apa temuan yang paling mengejutkanmu?”
11. Guru meminta siswa untuk merefleksikan kegiatan hari ini dalam lembar refleksi.
Refleksi guru
1. Apakah semua siswa terlibat dalam diskusi? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat siswa aktif bertanya dan berpendapat?
2. Apakah siswa dapat menjelaskan pemahamannya tentang SDA? Apa tantangan yang mereka hadapi? Apakah hasil refleksi siswa dapat menggambarkan pemahaman mereka tentang SDA?
Link Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2023
Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan perangkat diatas secara lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :
Posting Komentar