7 Prospek Karir Menjanjikan Untuk Sarjana Psikologi

Daftar Isi


Sarjana Psikologi, apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar gelar tersebut?

Banyak lulusan sarjana psikologi yang mengeluhkan sulitnya mencari pekerjaan setelah lulus. Sarjana psikologi jadi apa? Padahal, psikologi adalah salah satu jurusan yang masih diminati di Indonesia. Lalu, apa penyebab sarjana psikologi kok nganggur? Pada artikel ini, akan dibahas tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini, serta 7 prospek karir menjanjikan untuk sarjana psikologi.


Penyebab

  • Kurangnya Pemahaman tentang Bidang Psikologi

Banyak perusahaan atau organisasi yang belum memahami betul tentang bidang psikologi dan perannya dalam dunia kerja. Sehingga, mereka cenderung lebih memilih lulusan dari jurusan lain yang dianggap lebih familiar dan mudah dipahami.

  • Terbatasnya Lapangan Kerja yang Tersedia

Lapangan kerja di bidang psikologi masih terbatas dan kompetisi yang ketat. Banyak perusahaan atau organisasi yang hanya membutuhkan beberapa orang untuk posisi tertentu, sehingga lulusan sarjana psikologi harus bersaing dengan banyak kandidat lainnya.

  • Kurangnya Pengalaman Kerja dan Keterampilan

Banyak lulusan sarjana psikologi yang belum memiliki pengalaman kerja dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Padahal, perusahaan atau organisasi cenderung lebih memilih kandidat yang memiliki pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang ditawarkan.

  • Gaji yang Rendah

Beberapa perusahaan atau organisasi menganggap bahwa gaji yang ditawarkan untuk posisi di bidang psikologi tidak terlalu tinggi. Sehingga, mereka lebih memilih untuk mengisi posisi tersebut dengan lulusan dari jurusan lain yang dianggap lebih efektif dan efisien.


Solusi

  • Menambah Keterampilan dan Pengalaman Kerja

Lulusan sarjana psikologi dapat menambah keterampilan dan pengalaman kerja dengan mengikuti pelatihan, magang, atau bekerja sebagai relawan di organisasi sosial. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualifikasi dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.


  • Membangun Jaringan

Membangun jaringan atau networking dapat membantu lulusan sarjana psikologi memperluas jangkauan dan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Jaringan juga dapat membantu dalam membangun relasi yang dapat membantu mendapatkan pekerjaan di masa depan.


  • Meningkatkan Pemahaman tentang Bidang Psikologi

Lulusan sarjana psikologi dapat meningkatkan pemahaman tentang bidang psikologi dengan mengikuti pelatihan dan seminar yang berkaitan dengan bidang tersebut. Hal ini dapat membantu dalam memperkuat kualifikasi dan mengembangkan kemampuan dalam bidang psikologi.


  • Mengembangkan Keterampilan yang Berbeda

Lulusan sarjana psikologi dapat mengembangkan keterampilan dalam bidang yang berbeda, seperti pemasaran, manajemen, atau teknologi informasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di luar bidang psikologi.


Banyak orang beranggapan bahwa sarjana psikologi hanya akan menjadi seorang psikolog klinis yang mengadakan terapi. Namun, sebenarnya profesi yang dapat diambil oleh lulusan psikologi sangatlah beragam.

Berikut 7 Prospek Karir Menjanjikan Untuk Sarjana Psikologi :

  • Psikolog Klinis

Profesi yang paling umum diambil oleh lulusan psikologi adalah menjadi psikolog klinis. Seorang psikolog klinis bekerja dengan pasien yang mengalami masalah mental, emosional, dan perilaku. Tugas utamanya adalah melakukan terapi dan pengobatan untuk membantu pasien memperbaiki kesehatan mentalnya.

  • Psikolog Industri dan Organisasi

Psikolog industri dan organisasi bekerja di perusahaan untuk membantu meningkatkan efektivitas organisasi serta memahami perilaku karyawan. Tugas utamanya adalah melakukan penilaian karyawan, memberikan pelatihan dan konseling, serta membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan.

  • Psikolog Pendidikan

Psikolog pendidikan bekerja di lembaga pendidikan untuk membantu memahami perkembangan anak, memberikan saran kepada orangtua dan guru, serta mengembangkan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

  • Peneliti

Lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai peneliti di berbagai institusi atau universitas. Tugas utamanya adalah melakukan penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku manusia dan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu psikologi.

  • Konsultan

Sarjana psikologi juga bisa bekerja sebagai konsultan dalam berbagai bidang, seperti konsultan sumber daya manusia, konsultan manajemen, dan konsultan keuangan. Tugas utamanya adalah memberikan saran kepada klien dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan perilaku manusia.

  • Psikolog Forensik

Psikolog forensik bekerja dalam sistem hukum untuk membantu dalam investigasi dan proses hukum. Tugas utamanya adalah melakukan penilaian terhadap tersangka, korban, atau saksi untuk membantu memahami perilaku mereka dalam kasus-kasus hukum.

  • Penulis atau Jurnalis

Lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai penulis atau jurnalis yang mengkhususkan diri dalam topik psikologi. Tugas utamanya adalah menulis artikel, buku, atau laporan yang membahas topik-topik psikologi. Banyak penulis novel bergenre drama thriller psikologis yang merupakan sarjana psikologi.


Terkadang terdapat rasa frustasi ketika mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Rasa takut akan masa depan dan rasa tidak percaya diri seringkali menyelimuti hati. Namun, jangan pernah menyerah dan jangan merasa bahwa diri ini tidak berguna. Sebab, setiap orang memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda.

Untuk menemukan identitas profesi yang tepat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai bidang-bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Kedua, mulailah membangun jaringan atau networking dengan orang-orang di bidang tersebut. Ketiga, lakukan pengalaman magang atau volunteer untuk menambah pengalaman dan memperluas jaringan.

Tidak perlu merasa tertekan dengan pandangan masyarakat bahwa sarjana psikologi hanya akan menjadi psikolog klinis. Jadilah pribadi yang berkembang dan fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Profesi yang bisa diambil oleh sarjana psikologi sangatlah luas dan beragam, dengan kemampuan yang dimiliki dan minat yang mendalam, pasti akan menemukan profesi yang tepat. Semoga  dengan artikel 7 Prospek Karir Menjanjikan Sarjana Untuk Psikologi ini bisa membuat kamu semangat belajar yaaa!


Daftar Pustaka:

Borgen, F.H., & Betz, N.E. (2010). Career Counseling for Women. Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Standar Kompetensi Lulusan Psikologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

National Career Development Association. (2017). Career Counseling: A Holistic Approach (9th ed.). American Counseling Association.

Stead, G.B., & Watson, M.B. (2018). Career Counseling for the 21st Century. SAGE Publications.

Sumber Daya Manusia. (2021). 7 Profesi Yang Bisa Ditekuni oleh Lulusan Psikologi. Diakses pada 17 April 2023 dari https://www.sdm.co.id/blog/7-profesi-yang-bisa-ditekuni-oleh-lulusan-psikologi/

Kusumawati, L. A., & Fauziah, N. (2019). Peran Konseling Karir dalam Mengatasi Fenomena Pengangguran Sarjana Psikologi. Psikodimensia, 18(2), 143-154.

Marpaung, H. (2017). Masalah Pengangguran Lulusan Psikologi di Indonesia. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(2), 107-117.

Mundilarto. (2019). Psikologi Industri dan Organisasi: Teori dan Praktik. Rajawali Pers.

Yulianto, T. A. (2020). Relevansi Kompetensi Lulusan Psikologi dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(1), 22-34.

Posting Komentar