PENGERTIAN JURNAL PEMBALIK

Daftar Isi

 




Berikut ini adalah pengertian dari jurnal pembalik.

Jurnal pembalik adalah jurnal yang berfungsi untuk membalikkan jurnal penyesuaian demi tujuan untuk membentuk akun neraca. Jurnal yang memiliki nama lain reverse entry ini dibutuhkan untuk mencegah terjadinya akun ganda. Sedangkan pembuatannya biasanya dilakukan pada awal periode baru supaya muncul analisis real yang lebih anyar dan segar. 

Dengan kata lain, reverse entry  berfungsi untuk membalik jurnal penyesuaian yang telah dibuat pada periode sebelumnya.

Disimpulkan dari pengertian ini ialah definisi dari jurnal pembalik merupakan jurnal yang difungsikan untuk membalik jurnal penyesuaian yang telah dibuat sebelumnya. 

Fungsi Jurnal Pembalik


1. Mempermudah Pencatatan Transaksi

Fungsi yang pertama adalah untuk mempermudah pencatatan transaksi. Terutama pencatatan neraca yang disusun di awal periode yang baru. Namun tidak semua neraca bisa dibuatkan jurnal pembalik. Hanya yang berhubungan dengan jurnal penyesuaian saja.

2. Membantu menyederhanakan jurnal penyesuaian

Penyusunan reverse entry dapat membuat proses penyusunan jurnal penyesuaian menjadi lebih sederhana, terutama jurnal yang disusun untuk pada periode berikutnya. 


Penyederhanaan ini penting jika ayat-ayat jurnal penyesuaian yang dibuat jumlahnya cukup banyak. Karena ada pemetaan pembukuan yang membuat riset jurnal penyesuaian lebih mudah.


3. Menghindari Kesalahan Pembuatan Jurnal Penyesuaian

Kesalahan yang yang mungkin terjadi, misalnya pencatatan jurnal ganda dan adanya pengakuan double untuk akun biaya serta pendapatan.


Hal-hal yang memerlukan jurnal pembalik antara lain :

1. Beban keluarga yang masih harus dibayar

2. Beban dibayar di muka (bila dicatat sebagai beban)

3. Pendapatan yang masih harus diterima

4. Pendapatan diterima di muka (bila dicatat sebagai pendapatan)


Begitulah kira-kira pengertian dari jurnal pembalik. 



Posting Komentar