PENGERTIAN DAN JENIS SISTEM EKONOMI

Daftar Isi

Pengertian dan Jenis Sistem Ekonomi

 


Berikut ini adalah PENGERTIAN dan JENIS SISTEM EKONOMI.

Sistem ekonomi adalah kumpulan dari aturan-aturan atau kebijakan-kebijakan yang saling berkaitan dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. 

Sistem Perekonomian menurut Dumairy, adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan
falsafah, pandangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak Dumairy (sumber pustaka : Perekonomian Indonesia, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1996).

Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi, sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut dipegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada diantara dua sistem ekstrim tersebut.

JENIS-JENIS SISTEM EKONOMI ‌

Ekonomi Tradisional 
 
Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat. Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. 

Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah: 

1. Masyarakat hidup berkelompok secara kekeluargaan, 

2. Tanah merupakan sumber kehidupan, 

3. Belum mengenal adanya pembagian kerja, 

4.Pertukaran secara barter, 

5. Tingkat dan macam produksi sesuai kebutuhan. 

 Ekonomi Pasar 

Pada sistem ekonomi pasar, kehidupan ekonomi diharapkan dapat berjalan bebas sesuai dengan mekanisme proses. Siapa saja bebas memproduksi barang dan jasa, sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja lebih giat dan efisien. Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu).

Ciri-ciri ekonomi pasar adalah: 

1. Sumber dan produksi dikuasai oleh swasta 

2. Rakyat diberi kebebasan mengatur alat produksi 

3. Munculnya persaingan antar pengusaha 

4. Dalam masyarakat terdapat pembagian kelompok yaitu pemilik faktor produksi dan pekerja/buruh.

Ekonomi Komando 

Pada sistem ekonomi ini, pemerintah bertindak sangat aktif, segala kebutuhan hidup termasuk keamanan pertahanan direncanakan oleh pemerintah secara terpusat. Pelaksanaan dilakukan oleh daerah-daerah di bawah komando dari pusat. 

Ciri-ciri ekonomi komando adalah: 

1. Semua sumber dan alat produksi dikuasai negara, 

2. Hak milik perorangan atas alat dan sumber produksi tidak ada, 

3. Kebijakan perekonomian sepenuhnya diatur pusat 

4. Pembagian kerja diatur negara, 

5. Masyarakat tidak dapat memilih jenis pekerjaan. 

Ekonomi Campuran 

Sistem ekonomi campuran pada umumnya ditetapkan pada negara-negara berkembang. Dalam sistem ini sekte swasta dan  pemerintah sama-sama diakui. Sistem ekonom campuran adalah gabungan dari sistem ekonomi komando dan pasar. 

Sistem Ekonomi Merkantilisme

Yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset dan modal yang dimiliki negara.

Sistem Perekonomian Fasisme

Yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan katalain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.

Sistem Perekonomian Komunisme

Adalah sistem ekonomi di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumbner kegiatan
perekonomian. Setiap orang tak boleh memiliki kekayaan pribadi. Sehingga nasib seseorang bisa ditentukan olehpemerintah. Semua unit bisnis. mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan Pemerataan Ekonomi dan kebersamaan.

Sistem Perekonomian Sosialisme

Yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Sistem Perekonomian Kapitalisme

Yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis, semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.

Demikianlah Pengertian dan Jenis Sistem Ekonomi. Semoga dapat membantu menjadi jalan menuju syurga.

Posting Komentar