UNSUR-UNSUR POKOK DALAM MODAL SOSIAL

Daftar Isi

Hasbullah dalam Inayah (2012: 44) mengetengahkan ada enam unsur pokok dalam modal sosial:

1.      Participation in network

Kemampuan seseorang untuk melibatkan diri dalam suatu jaringan hubungan sosial, melalui berbagai variasi hubungan yang saling berdampingan dan dilakukan atas dasar prinsip kesukarelaan, kesamaan, kebebasan dan keadaban.

2.      Reciprocity

Kecendrungan saling tukar kebaikan antar masyarakat dalam suatu kelompok kehidupan sosial. Pola pertukaran terjadi didalam suatu kombinasi jangka panjang dan jangka pendek dengan nuansa altrusime tanpa mengharapkan imbalan.

3.      Trust

Suatu bentuk keinginan untuk mengambil resiko dalam hubungan-hubungan sosialnya yang didasari oleh perasaan yakin bahwa yang lain akan melakukan sesuatu seperti yang diharapkan dan akan senantiasa bertindak dalam suatu pola tindakan yang saling mendukung

4.      Social Norms

Sekumpulan aturan yang diharapkan dipatuhi dan diikuti oleh masyarakat dalam suatu entitas sosial tertentu. Aturan-aturan ini biasanya terinstitusionalisasi, tidak tertulis tapi dipahami sebagai penentu pola tingkah laku baik dalam lingkup hubungan sosial sehingga ada sanksi sosial bagi yang melanggar.

5.      Values

Sesuatu ide yang telah turun-temurun dianggap benar dan penting oleh anggota masyarakat.

6.      Proactive Action

Keinginan yang kuat dari anggota kelompok untuk tidak saja berpartisipasi tetapi senantiasa mencari jalan bagi keterlibatan anggota kelompok dalam suatu kegiatan masyarakat.


Daftar Pustaka:

Inayah. Peranan Modal Sosial Dalam Pembangunan. Staf Pengajar Pada jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Semarang.

Posting Komentar