PENGERTIAN, PEMBAGIAN DAN JENIS-JENIS MEDIA SOSIAL
PENGERTIAN, PEMBAGIAN DAN JENIS-JENIS MEDIA SOSIAL
Menurut Hafied Cangara dalam Dewi (2014: 25), Media merupakan alat atau
sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator pada khayalak.
Dengan menyampaikan pesan pada khayalak, diharapkan terjadi respon sesuai
dengan tujuan awal disampaikannya pesan tersebut. seberapa baik reaksi yang
diberikan oleh khayalak tergantung dari bagaimana penerimaan khayalak terhadap
pesan tersebut.Berkembangnya teknologi khususnya teknologi komunikasi
berimplikasi pada keberadaan media yang ada. Media seperti televisi, radio, dan
surat kabar merupakan media yang popular dimasyarakat. Tetapi media saat ini
yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah media sosial yang secara tidak
langsung mengikis keberadaan media-media yang sudah ada sebelumnya.
Mandibergh dalam Wahid
(2016: 92) mendefenisikan media sosial sebagai media yang mewadahi kerjasama
diantara pengguna yang menghasilkan konten (user
generated content). Media sosial dipandang sebagai lingkungan interaksi
antar penggunanya yang menghasilkan sebuah hubungan. Dimana akan tercipta suatu
keadaan yang saling memberikan pendapat dan membentuk suatu pola interaksi.
Media sosial dalam
pengertian Van Dik dalam Umaimah (2016: 92) adalah sebuah platform media yang
memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam
beraktivitas maupun berkolaborasi. Karena itu, media sosial dapat dilihat
sebagai media (fasilitator) online
yang menguatkan hubungan antara pengguna sekaligus.
Andreas Kaplan dan
Michael Haenlein dalam Gusti (2012: 10) mendefinisikan media sosial sebagai
sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun diatas dasar ideologi
dan teknologi web 2.0, dan memungkinkan penciptakan dan pertukaran
user-generated content. Web 2.0 merupakan platform dasar pada media sosial.
Andreas Kaplan dan Michael haenlein membagi media sosial kedalam enam jenis
yaitu:
1. Proyek kolaborasi (Wikipedia)
2. Blog dan microblogs (twitter)
3. Komunitas konten (youtube)
4. Situs jaringan sosial (facebook)
5. Virtual game (world of warcraft)
6. Virtual social (second life)
Situs jaringan sosial merupakan tempat dimana setiap orang bisa membuat
halaman web yang berisi informasi pribadinya, dimana setiap orang dapat
terhubung didalamnya untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi. Beberapa
jejaring sosial yang cukup popular antara lain facebook, twitter, myspace, dan
plurk.
Berdasarkan karakteristik yang dimilikinya Nasrullah dalam Umaimah (2016
:93) membagi media sosial kedalam beberapa karakteristik, diantaranya adalah:
1. Jaringan (network)
2. Informasi (informasi)
3. Arsip (archive)
4. Interaktif (interaction)
5. Stimuli sosial (stimulation of social)
6. Konten oleh pengguna (user-generated-content)
Lahirnya media sosial tidak terlepas dari
perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi. Sejarah perkembangan internet
menjadi dasar dari tercetusnya media sosial. Ada beberapa tahap yang menjadi
dasar penemuan media sosial :
1. Penemuan Sistem Papan Buletin pada tahun 1978
Sistem ini memungkinkan kita untuk dapat
berhungan dengan orang lain melalui pesan elektronik, ataupun mengunggah dan
mengunduh perangkat lunak. Semua aktivitas maya ini dilakukan masih dengan
menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.
2. Lahirnya situs GeoCities pada tahun 1995
Situs ini menyediakan layanan penyewaan
penyimpanan data-data website agar halaman website bisa di akses dari mana
saja. Kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak munculnya website-website di
seluruh dunia.
3. Munculnya situs jejaring sosial pertama
Sixdegree.com pada tahun 1997
Walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat
situs classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial. Namun,
sixdegree.com dianggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial
dibandingkan classmates.com
4. Lahirnya Blogger pada tahun 1999
Situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa
membuat halaman situsnya sendiri, sehingga penggunanya bisa memuat hal tentang
apapun, termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. Sehingga
bisa dikatakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah media sosial.
5. Berdirinya Friendster pada tahun 2002
Friendster merupakan situs jejaring sosial
yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi
fenomenal.
6. Lahirnya LinkedIn pada tahun 2003
LinkedIn tidak hanya berguna untuk
bersosialisasi, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan, sehingga
fungsi dari sebuah media sosial makin berkembang.
7. Berdirinya MySpace pada tahun 2003
MySpace menawarkan kemudahan dalama
menggunakannya, sehingga MySpace disebut sebagai situs jejaring sosial yang user friendly.
8. Lahirnya Facebook pada tahun 2004
Facebook merupakan situs media sosial yang
sangat fenomenal saat ini. Facebook merupakan situs jejaring sosial yang
terkenal hingga saat ini, dan merupakan salah satu situs jejaring sosial yang
memiliki anggota terbanyak.
9. Peluncuran Twitter pada tahun 2006
Twitter adalah situs tidak berbayar yang berisi pesan tidak lebih dari
140 karakter dengan sebutan tweets dan disebarkan dengan sangat cepat kepada
semua pengguna yang mengikuti satu akun tertentu. (Andriadi, 2016 : 55 – 56)
Perkembangan teknologi komunikasi juga turut mempengaruhi perkembangan media sosial yang ada. Penggunaan media sosial yang berbasis dari internet dapat diakses dari mobile phone. Hal ini menempatkan media sosial sebagai media komunikasi yang paling popular. Tingginya pengguna media sosial di Indonesia juga mempengaruhi budaya yang ada, termasuk penggunaan media sosial untuk kepentingan politik, seperti kampanye menjelang Pemilu ataupun Pilkada.
Sumber Pustaka:
- Pratiwi Putri Aji, Dewi. 2012. Penggunaan Media Sosial Dalam Pemenangan Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama Pada Pilkada DKI Jakarta 2012 : studi atas marketing politik di facebook dan twitter
- Wahid, Umaimah. 2016. Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
- Ngurah Aditya Lesmana, I Gusti. 2012. Analisis Pengaruh Media Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment
Posting Komentar