TUJUAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA

Daftar Isi



Tujuan akuntansi sumber daya manusia adalah sebagai berikut :
1. Tujuan Kuantitatif
Mampu meningkatkan manfaat laporan keuangan karena memberikan informasi kuantitatif atas sumber daya manusia bagi pemakainya yang bervariasi misalnya manajemen dan investor dalam pengambilan keputusan.
2. Metode Penilaian
   Untuk memberikan metode penilaian terhadap utilisasi sumber daya manusia.
3. Teori dan Model
Untuk memberikan suatu teori dari variabel-variabel yang relevan untuk menjelaskan nilai manusia terhadap organisasi formal, untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang relevan, dan untuk mengembangkan model yang ideal untuk pengelolaan sumber daya manusia.
Tujuan penerapan akuntansi sumber daya manusia adalah
:
1.     Menyediakan informasi yang dibutuhkan manajer dalam menggunakan human resource secara efektif dan efisien
2.     Menyediakan informasi yang dibutuhkan manajemen dalam memperoleh, menempatkan, melatih, mengembangkan, mengkonversi, mengevaluasi, menilai, dan menghargai human resource.
3.     Menyediakan alat pengukuran cost  dan value dari manusia bagi organisasi untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.
4.     Memotivasi manajer untuk mempertimbangkan akibat pengambilan keputusan usaha atas human resource.
Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan akuntansi sumber daya manusia ini adalah memberikan informasi tentang sumber daya manusia dalam suatu perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan. Tujuan utama dari akuntansi sumber daya manusia adalah untuk membantu manajer perusahaan dalam mengukur efektivitas dan efisiensi sumber daya manusia. Hal ini semakin penting terutama dalam bisnis yang semakin kompetitif sehingga diperlukan management strategy yang tepat dalam mengelola sumber daya manusia ini. Akuntansi sumber daya manusia merupakan suatu pengakuan yang tegas atas dasar pemikiran manusia yang merupakan sumber daya organisasi yang sangat berharga dan merupakan bagian integral dari perpaduan sumber daya.
Ruang lingkup akuntansi sumber daya manusia
Ruang lingkup akuntansi sumber daya manusia mencakup komponen-komponen sebagai berikut
1. Human Resource Cost Accounting (HRCA)
Merupakan pengukuran dan pelaporan biaya yang timbul untuk pencarian, pengembangan, dan penggantian tenaga kerja sebagai sumber daya organisasi.
   Ada dua jenis biaya yang berkepentingan dengan HRCA yaitu :
1.     Personal Cost Accounting
Adalah biaya yang berhubungan dengan fungsi proses manajemen personalia dalam pencarian dan pengembangan sumber daya manusia.
2.     Human Assets Accounting
Adalah biaya yang berkaitan dengan berbagai usaha pencarian dan pengembangan pada bagian tingkatan personel.
2. Human Resource Value Accounting
Merupakan pengukuran terhadap nilai sekarang dari manfaat yang diharapkan akan diperoleh dari sumber daya manusia.

1 komentar

Comment Author Avatar
15 September 2018 pukul 08.08 Hapus
thanks infonya