STRATEGI PENINGKATAN MUTU PRODUKSI
Daftar Isi
Sadar akan pentingnya produk
yang bermutu, maka perusahaan harus berorentasi pada penciptaan produk yang
bermutu. Akan tetapi, perlu ditegaskan bahwa bermutu atau tidaknya produk suatu
perusahaan bukan ditetapkan atau di nilai oleh perusahaan, namun produk yang
bermutu atau tidak bermutu dinilai oleh konsumen. Untuk itu, dalam usaha
menghasilkan produk yang bermutu harus mengacu pada keinginan konsumen dengan
mengertahui strategi peningkatan mutu produksi.
Adapun beberapa strategi
yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan mutu produk perusahaan, sebagai berikut
:
a.
Menetapkan tujuan yang jelas.
b.
Memprakarsai atau menentukan kembali budaya
organisasi.
c.
Mengembangkan komunikasi yang jelas.
d.
Melembagakan komunikasi efektif dan
konsisten.
e.
Melembagakan pendidikan dan pelatihan.
f.
Mendorong perbaikan terus menerus.
Untuk mencapai produk yang
bermutu, maka langkah awal perusahaan yang harus ditempuh pertama kali harus
menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik serta didasarkan atas tuntutan
pelanggan atau konsumen. Apabila tujuan telah ditetapkan, maka seluruh sumber
daya yang ada pada perusahaan dapat diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan
yang telah ditetapkan.
Langkah selanjutnya yang
dapat dilakukan oleh perusahaan guna mencapai hasil produk yang bermutu yaitu penetapan
budaya organisasi. Artinya, individu yang ada didalam perusahaan hendaknya
dibangun sikap dan perilakunya menjadi perilaku yang mempunyai moral dan
semangat kerja yang tinggi, loyalitas, tepat waktu dan rasa antusias untuk
menyelesaikan pekerjaan. Hal yang perlu ditekankan pada karyawan didalam
perusahaan oleh manejer adalah kesejahteraan perusahaan yang mencakup tenaga
kerja didalamnya untuk masa sekarang dan masa yang akan datang, untuk
mencapainya hanya dengan cara menghasilkan produk yang bermutu.
Pada tahap diatas kondisi
intern perusahaan telah cukup baik. Tahap selanjutnya adalah pembentukan
komunikasi yang baik antara karyawan
atau dengan pihak eksten (luar) perusahaan salah satunya adalah dengan konsumen.
Melalui komunikasi yang baik dengan konsumen, maka perusahaan akan mengetahu
tanggapan konsumen atas produk yang dihasilkan serta apa keinginan konsumen
pada periode-periode selanjutnya. Adapun keinginan konsumen pada setiap periode
selalu akan mengalami perubahan.
Posting Komentar