PENGERTIAN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (AMDAL)

Daftar Isi



Pengertian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah keseluruhan proses yang meliputi; Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL), Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RPL), dan Rencana Pemantauan Lingkungan.
Pemerintah tahun 1999 menyebutkan bahwa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan  adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan. Pengertian ini mengandung arti bahwa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah suatu proses sejak penyusunan Kerangka Acuan Studi ANDAL, Pelaksanaan studi ANDAL, dan RKL/RPL, penilaian, serta persetujuan atau penolakan ANDAL.
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan bertujuan untuk
mengkaji kemungkinan kemungkinan perubahan kondisi lingkungan baik biogeofisik maupun sosial ekonomi dan budaya akibat adanya suatu kegiatan proses produksi pada tahap operasional usaha, dan apabila secara terperinci berbagai dampak lingkungan akibat proses produksi dalam kegiatan usaha maka dapat mempersiapkan pengelolaan untuk memperkceil dampak negatif dan memperbesar dampak positifnya.
Pengolahan Air Limbah
Sebagai model perusahaan yang sangat berpotensi dalam menghasilkan limbah adalah Rumah Sakit. Menurut Sadjimin. Tony (dalam makalah seminar PPLH mengungkakan bahwa pengolahan limbah yang dimaksudkan adalah mengurangi substansi substansi pencemar sebelum limbah tersebut dibuang kelingkungan. Untuk mengolah air limbah yang keluar dari Rumah Sakit diperlukan instalasi pengolah limbah (IPAL).
Sadjimin dalam makalah seminar menyebutkan bahwa pada dasarnya pengolahan limbah meliputi 3 (tiga) tahapan proses yaitu:
1.     Pengolahan Primer
Aspek utama dalam pengolahan ini adalah pengolahan secara fisika diantaranya sedimentasi, penyaringan, dan floatasi. Pengolahan primer ini dapat mereduksi BOD atau bobot polutan sampai kira kira 35%.
2.     Pengolahan Sekunder
Pengolahan ini dilakukan dengan cara biologi, proses kimia maupun fisika. Proses pengolahan sekuder ini biasanya dapat mereduksi BOD sampai 90%
3.     Pengolahan Tersier
Pengolahan ini merupakan kelanjutan dari pengolahan sebelumnya dengan peralatan peralatan  antara lain kolam, reserve osmosi, dan elektridiasis.

Posting Komentar