KONSEP-KONSEP BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA

Daftar Isi



Kali ini kita akan membahas tentang konsep-konsep biaya sumber daya manusia. Biaya sumber daya manusia adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mendapatkan atau mengganti karyawan. Biaya-biaya ini terbagi atas :
1.     Biaya orisinil dari sumber daya manusia
               Biaya orisinil dari ASDM merupakan pengorbanan yang terjadi untuk memperoleh dan mengembangkan manusia.
Terdiri dari :

a.     Biaya akusisi
            Biaya akuisisi adalah biaya yang harus terjadi untuk mendapatkan seorang karyawan yang tujuannya untuk mengisi suatu jabatan atau posisi tertentu. Biaya akusisi terdiri dari biaya pencarian, biaya seleksi, biaya penerimaan dan penempatan, serta promotion or hiring from within firm (biaya untuk memindahkan tenaga kerja dari suatu tingkatan ke tingkatan lain dalam struktur organisasi baik secara vertikal maupun horizontal).
b.    Biaya belajar
            Biaya belajar merupakan pengorbanan yang harus terjadi untuk melatih seseorang dan membawa orang tersebut ke tingkat performa dan produktivitas yang secara normal diharapkan dari seorang individual dalam suatu posisi tertentu. Biaya belajar terdiri dari pelatihan formal dan biaya orientasi, biaya pelatihan di tempat kerja, trainer’s time cost, dan kehilangan produktivitas selama pelatihan.
2. Biaya pengganti dari sumber daya manusia
Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menggantikan sumber daya manusia yang sekarang sedang dipekerjakan.
Biaya ini mempunyai suatu pengertian yang ganda yaitu:
a.     Biaya pengganti posisional
   Biaya ini merupakan biaya untuk menggantikan sekumpulan jasa yang dipegang oleh seorang pemegang jabatan dalam suatu posisi khusus
b.    Biaya pengganti pribadi
   Biaya ini merupakan pengorbanan yang seharusnya terjadi sekarang untuk menggantikan seseorang yang pada saat ini dipekerjakan dengan suatu substitusi yang mampu untuk memberikan sekumpulan jasa yang sama pada semua posisi yang dijabat si pendahulu.


Posting Komentar