HIPOTESIS-HIPOTESIS YANG DAPAT DIUJI MENGENAI HUBUNGAN ANTARA KOMPONEN-KOMPONEN ARUS KAS DAN RETURN

Daftar Isi


Kita akan membahas tentang Hipotesis-hipotesis apa saja yang dapat diuji mengenai hubungan antara komponen-komponen arus kas dan return.
1. Hipotesis
Hipotesis ini dinyatakan dalam bentuk hubungan antara arus kas dengan return saham tahunan untuk menguji hipotesis ini digunakan model regresi :
CAR : a0 + a1 collectiona + a2 payments + a3 Taxes + a4 Interest +
a5 Other + b1 Debt + b2 Common + b3 Prefered + b4 Dividend +
C1 PPE + C2 Acquisition + C3 Minority + C4 Subsidiary + C5 Ret PPE +
d1 accrual + e.
CAR adalah suatu ukuran abnormal return tahunan.
2. Hipotesis-hipotesis ekonomi tentang arus kas pendanaan meliputi (1) Arus kas pendanaan yang tidak relevan; (2) Pengaruh Signalling dari arus kas pendanaan antara lain meliputi:
(i) Pengeluaran utang yang oleh Ross dan Leland dan Pyle mengatakan bahwa pengeluaran hutang dapat dirasakan sebagai suatu isyarat baik mengenai arus kas masa yang akan datang,
(ii) Pengeluaran saham biasa dimana para manajer diasumsikan mempunyai informasi tersendiri mengenai perusahaannya, akan melakukan pengeluaran saham atau pembelian kembali saham. Atas dasar ini investor akan bereaksi positif atau negative terhadap pengumuman pengeluaran atau pembelian kembali saham;
(iii) Pengeluaran saham istimewa yang oleh Smith  mendiskusikan tentang implikasi dari teori yang didasarkan pada informasi asimetri terhadap pengeluaran saham istimewa. Pengumuman pengeluaran saham istimewa ini mempunyai dampak reaksi yang kecil daripada pengumuman pengeluaran saham biasa;
(iv) Dividends, Miller memprediksi perubahanperubahan dividend dihubungkan dengan return saham. Kenaikan dividen mengisyaratkan arus kas yang tinggi yang diharapkan dan berhubungan positif dengan reaksi pasar.
3. Hipotesis ekonomis berkenan dengan arus kas-investasi meliputi (1) Arus kasinvestasi yang tidak relevan, dimana peningkatan dalam investasi dihubungkan dengan arus kas masa depan yang lebih tinggi dan selanjutnya ada hubungan positif dengan return yang diharapkan untuk pengumuman-pengumuman investasi yang baru; (2) Pengaruh-pengaruh yang tidak wajar atas arus kas investasi. Menurut Miller dan Rock, investasi-investasi baru pada perusahaan-perusahaan anak yang tidak dikonsolidasikan akan mempunyai implikasi yang positif mengenai arus kas masa depan perusahaan.
4. Hipotesis ekonomis dari arus kas operasi meliputi (1) Ketidak relevanan arus kas-operasi yang kebanyakan model mengatakan bahwa cash inflow dan cash outflow yang unexpected dari operasi periode waktu itu akan mempengaruhi harga-harga saham dan pengaruhnya pada arus kas sekarang maupun yang masa yang akan datang; (2) Recurring and non recurring events diteliti oleh Gonedes  yang mengatakan bahwa terdapat reaksi pasar yang berbeda terhadap pengungkapan pendapatan biasa maupun yang luar biasa. Barnea, Ronen dan Sadan  memberikan bukti bahwa pasar bereaksi terhadap komponen laba yang permanen dan komponen laba yang bersifat sementara. Lipe menunjukkan bahwa apakah suatu komponen laba diharapkan terjadi pada masa yang akan datang adalah penting untuk penilaian surat-surat berharga.
Wilson mengatakan bahwa kas dari operasi mempunyai kandungan informasi pada laba dan Bernard dan Stober mengatakan bahwa hasil Wilson tidak diperoleh pada periode sampelnya. Bowen et al  mengatakan bahwa kas dari operasi mempunyai tambahan, hubungannya dengan return saham pada earning. FASB menginginkan perusahaan untuk mengungkapkan informasi tentang komponen-komponen arus kas investasi, pendanaan dan operasi.

Posting Komentar