FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU NASABAH
Daftar Isi
Ada beberapa faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku nasabah bank.
Faktor Eksternal
Pilihan pembelian konsumen merupakan hasil dari suatu
proses komplek yang saling mempengaruhi dari faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang
merupakan faktor internal, dan berguna bagi pemasar untuk mengidentifikasi para
pembeli yang mungkin memiliki minat
paling besar terhadap suatu produk. Faktor eksternal terdiri dari stimulasi
pemasaran yaitu pengendalian yang lakukan oleh pihak manajemen perusahaan atau
lainnya diluar karakteristik nasabah. Faktor eksternal di sini maksudnya adalah
faktor-faktor yang berhubungan di luar diri nasabah, sebagaimana dijelaskan
pada gambar di atas terdiri dari rangsangan-rangsangan pemasarn dan rangsangan
lainnya
Strategi pemasaran perbankan tidak jauh berbeda dengan
industri bisnis lainnya, yang dilandaskan pada bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri
atas
4P (Product, Price, Place, and Promotion).
Industri perbankan bergerak dalam bidang penjualan jasa dan merupakan bisnis
industri yang sangat dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakat.
Marketing mix
adalah kumpulan variabel-variabel yang digunakan sektor bisnis untuk
mempengaruhi konsumen. Variabel dari marketing
mix adalah kombinasi dari 4P yang merupakan satu perangkat yang akan
menentukan tingkat keberhasilan pemasaran guna memberikan kepuasan konsumennya.
Bauran
pemasaran untuk jasa adalah :
a.
Produk
Produk
adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen yang memuaskan
kebutuhan konsumen baik berupa maupun jasa. Kualitas, dalam hal jasa menjadi
elemen dasar. Produk-produk perbankan yang biasanya ditawarkan adalah:
1. Produk penghimpunan secara umum, terdiri dari giro,
deposito, tabungan, dan lainnya
2. Produk penyaluran secara umum, terdiri atas
-
kredit
perdagangan besr, kecil dan menengah,
-
kredit
jangka panjang, menengah dan pendek
-
kredit
usaha kecil, dan lainnya
3. Produk-produk yang bersifat jasa terdiri dari: safe deposit box, kiriman uang dalam dan
luar negeri, dan lainnya
Perkembangan produk dan jasa ini
berpengaruh terhadap kesiapan para karyawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
Jadi, fungsi pelayanan sangat terkait erat dengan suatu produk. Pihak manajemen
bank harus pandai mengolah material yang ada agar dapat memberikan keuntungan
yang maksimal. Adapun dari segi pelayanan, setiap perbankan harus memperhatikan
hal-hal berikut:
-
Karyawan
bank harus ramah
-
Karyawan
bank harus memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan
-
Memberikan
informasi atas suatu produk secara jelas detail dan dapat dipahami
-
Memberikan
kemanan dan kenyamanan nasabah
Berbagai upaya harus selalu
dilakukan oleh pihak manajemen untuk menarik nasabah, diantaranya dengan
menciptakan beragam produk, membuat inovasi baru suatu produk, memberikan
fitur/ atribut-atribut atas suatu produk, dan lainnya
b. Harga
Harga merupakan salah satu
variable marketing mix yang paling
fleksible. Kebijakan harga harus memperhatikan tingkat harga yang dikenakan
atas suatu produk, struktur pemotongan harga, waktu pembayaran, perbedaan harga
pada kelompok-kelompok konsumen yang berbeda. Penetapan harga dapat dilakukan
dengan metode penetrasi pricing (harga serendah-rendahnya dengan tujuan
menaikkan jumlah pembeli dan memperoleh market share yang lebih besar)
c. Tempat
Kebijakan tempat mengacu pada
kemudahan akses bagi para konsumen untuk mendapatkan pelayanan. Kebijakan tempat dapat menyangkut keputusan mengenai
lokasi strategis. Kantor bank pada umumnya mendekati nasabah, kantor bank lain
dan BI serta dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan.
d.
Promosi
Bauran promosi meliputi
bermacam-macam metode mengkomunikasikan keuntungan dari sebuah jasa kepada
konsumen. Komunikasi dengan publik merupakan faktor penting pada setiap
perusahaan termasuk bank untuk mendukung tujuan-tujuan pemasaran yang ingin
dicapai oleh perusahaan tersebut.
Elemen-elemen utama yang biasa
digunakan oleh perusahaan dalam distribusi komunikasi pemasaran umumnya adalah:
-
Personal selling yaitu suatu bentuk person
to person comunication dimana penjual berusaha membujuk calon konsumen
untuk membeli produk dan jasa.
-
Advertising meliputi komunikasi massa melalui surat kabar,
majalah, radio, televisi dan media lainnya
-
Sales Promotion terdiri dari semua aktivitas pemasaran yang mencoba
untuk merangsang tindakan pembeli secara cepat antar dari produk-produk
perusahaan
-
Sponsorship marketing, kegiatan mempromosikan ketertarikan kepada perusahaan
dengan mengasosiasikan perusahaan melalui event khusus
Faktor Internal
Faktor internal merupakan
faktor-faktor yang berkaitan secara langsung dengan diri (karakteristik)
konsumen.
Karakteristik
yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain:
1.
Faktor Budaya. Faktor budaya terdiri dari kultur,
sub-kultur dan kelas sosial. Faktor-faktor budaya mempunyai pengaruh yang paling
luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen.
2.
Faktor Sosial, terdiri dari kelompok acuan,
keluarga, peran dan status.
3.
Faktor Pribadi yang terdiri dari umur, pekerjaan,
ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri.
4.
Faktor Psikologi. Terdiri atas motivasi, persepsi,
pengetahuan, sikap dan kepercayaan.
Posting Komentar