FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN DALAM PENETAPAN HARGA
Daftar Isi
Adapun faktor-faktor yang
harus dipertimbangkan dalam penetapan harga adalah:
a.
Faktor-faktor Intern
1)
Sasaran Pemasaran
Sasaran-sasaran yang umum
bertahan hidup dengan menetapkan harga terendah selama harga penjualan masih
dapat menutup biaya variabel dan sebagian biaya tetap sehingga perusahaan masih
tetap survival. Sasaran kedua memaksimumkan laba jangka pendek dimana
perusahaan lebih menitikberatkan pada kemampuan keuangan yang ada. Sasaran ketiga
kepemimpinan market share dengan menetapkan harga yang serendah mungkin, untuk
menjadi lebih unggul dalam market-share. Dan sasaran terakhir adalah
kepemimpinan mutu produk dimana
perusahaan menetapkan harga yang tinggi untuk menutup biaya pengendalian mutu
produk.
2)
Strategi Marketing-Mix
Keputusan mengenai harga
harus dikoordinasikan dengan keputusan-keputusan mengenai desain produk,
distribusi dan promosi. Disini harga merupakan faktor kunci penentuan posisi
produk di pasar, desain produk, dan berapa besarnya biaya yang diperlukan,
selain itu juga menentukan ciri-ciri produk yang akan ditawarkan.
3)
Biaya
Perusahaan menetapkan suatu
harga yang dapat menutup semua biaya untuk memproduksi, mendistribusi dan
menjual produk tersebut, termasuk suatu tingkat laba yang wajar atas segala
upayanya serta resiko yang dihadapinya.
4)
Pertimbangan Organisasi
Manajemen harus menetapkan
siapa di dalam organisasi yang bersangkutan yang bertanggung jawab atas
penetapan harga. Mereka yang juga turut mempengaruhi penetapan harga ialah
manajer penjualan, manajer produksi, manajer keuangan dan akuntan serta para
wiraniaga.
b.
Faktor-faktor Ekstern
1)
Pasar dan Permintaan
Sebelum menetapkan harga,
pemasar harus memahami hubungan antara harga dan permintaan terhadap produk
atau jasa itu. Persepsi konsumen mengenai harga dan nilai dimana konsumen lah
yang akan menentukan tepat tidaknya harga sebuah produk. Ketika menetapkan
harga, perusahaan harus memperhatikan pula persepsi konsumen terhadap harga,
bagaimana persepsi tersebut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan juga
penetapan harga dalam berbagai jenis pasar.
2)
Biaya, Harga dan Tawaran Pesaing
Seorang konsumen yang
mempertimbangkan akan membeli sebuah produk, akan mengevaluasi harga produk
yang satu dengan produk sejenis lainnya, dan membandingkan kualitas
produk-produk itu. Oleh karena itu perusahaan dalam memetapkan harga juga harus
mengetahui harga dan mutu yang ditawarkan masing-masing perusahaan pesaing.
3)
Faktor-faktor Eksternal Lainnya
Faktor-faktor lain itu,
pertama kondisi ekonomi seperti inflasi, boom, resesi, serta tingkat bunga,
mempengaruhi keputusan mengenai harga karena faktor-faktor tersebut
mempengaruhi biaya produksi sebuah produk dan persepsi konsumen terhadap harga
serta nilai produk itu. Kedua penjual-ulang, perusahaan harus menetapkan harga
yang dapat memberikan laba yang wajar
kepada penjual-ulang, meningkatkan dukungan mereka, dan membantu mereka untuk
menjual produk secara efektif. Ketiga
adalah pemerintah, dimana pemasar perlu mengetahui harga
dan menjamin bahwa
kebijakan mereka dalam penetapan
harga tidak melanggar Undang-Undang.
Daftar Pustaka
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of marketing. Pearson.
Nagle, T. T., & Holden, R. K. (2002). The strategy and tactics of pricing: A guide to growing more profitably. Prentice Hall.
Monroe, K. B. (2003). Pricing: Making profitable decisions. McGraw-Hill.
Smith, G. (2011). Pricing strategy: Setting price levels, managing price discounts and establishing price structures. Kogan Page Publishers.