BAHAYA KARANG GIGI

Daftar Isi


Tahukah Anda bahwa karang gigi ternyata berbahaya bagi kesehatan? Bukan hanya menyebabkan masalah bagi gigi dan mulut Anda, akan tetapi juga dapat memicu berbagi penyakit yang mungkin menyerang tubuh Anda. Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa bahaya karang gigi.
Stroke dan Jantung
Menurut penjelasan para ahli kardiologi, tindakan membersihkan karang gigi akan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke.
"Salah satu kiat mencegah penyakit jantung dan stroke memang secara rutin membersihkan karang gigi," kata Dr.Emily (Zu-Yin) Chen, ahli jantung dari Veterans General Hospital, Taipei.
Ketua Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Cabang Medan drg Iskandar Siregar menjelaskan, karang gigi (calculus/kalkulus) merupakan kotoran dalam mulut yang terbentuk dari plak yang menempel pada permukaan gigi yang jika dibiarkan lama kelamaan akan mengeras sehingga sulit untuk dibersihkan dengan gosok gigi.
Karang gigi terutama timbul pada daerah gigi yang sulit dibersihkan dan merupakan penyebab terbesar kedua hilangnya gigi, setelah gigi berlubang.
“Membersihkan karang gigi bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke karena dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke,” katanya.
Memperparah diabetes
Untuk orang yang memiliki penyakit diabetes, karang gigi dapat menjadi penghalang kesembuhan. Alangkah lebih baiknya jika rajin-rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut.
Gigi Bisa Tanggal
Kalau kita berbicara mengenai gigi, tentu tidak terlepas dari membicarakan jaringan penyangga gigi (jaringan periodontal). Jaringan periodontal ini yang menjadi tempat tertanamnya gigi. Jaringan ini terdiri dari gusi, sementum, jaringan pengikat tulang penyangga gigi (alveolar). Jaringan penyangga gigi inilah yang mengikat gigi, pembuluh darah dan persarafan menjadi satu kesatuan.
Apa yang terjadi bila karang gigi tidak dibersihkan? “Karang gigi mengandung banyak kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit lain di daerah sekitar gigi,” kata drg Irene. Bila tidak dibersihkan, maka kuman-kuman dapat memicu terjadinya infeksi pada daerah penyangga gigi tersebut.
Bila sudah infeksi maka masalah lebih lanjut bisa timbul. Penderita biasanya mengeluh gusinya terasa gatal, mulut berbau tak sedap, sikat gigi sering berdarah, bahkan adakalanya gigi dapat lepas sendiri dari jaringan penyangga gigi.
Nafas Pendek
 Iritasi pada gigi yang di sebabkan oleh karang gigi juga dapat menyebabkan seseorang bernafas pendek-pendek sehingga mudah lelah.
Sakit kepala
Sakit kepala yang disebabkan karena banyaknya terdapat karang gigi pada sebagian mulut seperti sebelah kiri sehingga kerja mulut sebelah kanan lebih berat dan dapat menimbulkan sakit kepala yang biasa nya terjadi pada kepala bagian belakang
Bau mulut
Bau Mulut, hal ini terjadi karena penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak bersih saat menggosok gigi dan menyebabkan pembusukan pada mulut
Selain itu, mulut yang kotor juga bisa jadi sumber infeksi sistemik seperti penyakit ginjal, pembuluh darah dan infeksi sinus

Posting Komentar