TUJUAN MENULIS MENURUT HADIYANTO

Daftar Isi

Tujuan Menulis


Tujuan menulis seseorang berbeda-beda. Ada yang ingin menulis untuk mencari uang. Ada yang untuk mencari simpati atau perhatian seseorang. Ada pula yang idealis untuk memberikan pencerahan, berbagi  gagasan, menebarkan ideology, dll. Tujuan menulis menurut Hadiyanto, adalah sebagai berikut :
 “Seorang penulis tergerak menulis karena memiliki tujuan-tujuan tertentu, diantaranya tujuan menginformasikan, mendidik, membujuk dan menghibur yang dapat dipertanggungjawabkan di hadapan publik” (Hadiyanto, 2001:10).

1.     Menginformasikan; Tujuan pertama dan paling utama dari menulis adalah menginformasikan segala sesuatu baik fakta, data mengenai suatu fenomena ataupun peristiwa termasuk pendapat dan pandangan terhadap peristiwa tersebut, agar khalayak pembaca memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru mengenai berbagai hal yang terjadi di muka bumi ini.
2.     Mendidik; Mendidik adalah salah satu tujuan komunikasi melalui tulisan. Karena melalui tulisan, wawasan pengetahuan seseorang akan terus bertambah, yang pada akhirnya akan menentukan perilaku seseorang.
3.     Membujuk; Seorang penulis biasanya tidak hanya bertujuan untuk menginformasikan sesuatu agar pembaca menjadi tahu dan maklum terhadap apa yang dikomunikasikan. Tetapi melalui tulisan seorang penulis mengaharapkan pula  pembaca dapat menentukan sikap, apakah menyetujui atau mendukung yang dikemukakan. Seorang penulis harus mampu membujuk dan meyakinkan pembaca dengan menggunakan gaya bahasa persuasif.
4.     Menghibur; Fungsi dan tujuan menghibur dalam komunikasi, bukan monopoli media massa radio dan televisi, namun media cetak dapat pula berperan dalam menghibur khalayak pembaca. Meskipun tidak sesemarak hiburan di layar televisi, namun tulisan-tulisan atau bacaan-bacaan “ringan” yang kaya dengan anekdot , cerita dan pengalaman lucu bisa menjadi bacaan penglipur lara untuk melepaskan ketegangan setelah seharian sibuk beraktifitas (Hadiyanto, 2001:10-14).


Posting Komentar