TUJUAN KOMUNIKASI
Menurut Devito (1997), ada empat tujuan komunikasi yang perlu dikemukakan yakni
1.
Menemukan
Salah
satu tujuan utama komunikasi adalah penemuan diri (personal discovery),
bila anda berkomunikasi dengan orang lain, anda belajar mengenai diri sendiri
selain juga tentang orang lain. Dengan berbicara tentang diri kita sendiri
dengan orang lain kita memperoleh umpan balik yang berharga mengenai, perasaan,
pemikiran, dan perilaku kita. cara lain untuk melakukan penemuan diri melalui proses
perbandingan sosial, melalui pembandingan kemampuan, prestasi, sikap, pendapat,
nilai, dan kegagalan kita dengan orang lain .
2.
Untuk
berhubungan
Salah
satu motivasi kita yang paling kuat adalah berhubungan dengan orang
lain-membina dan memelihara dengan orang lain. Kita ingin merasa dicintai dan
disukai dan kita juga ingin, mencintai dan menyukai orang lain. Kita
menghabiskan banyak waktu dan energi komunikasi kita membina dan memlihara
hubungan sosial
3.
Untuk
meyakinkan
Kita
menghabiskan banyak waktu untuk melakukan persuasi antar pribadi, baik sebagai
sumber maupun sebagai penerima. Dalam perjumpaan antar pribadi sehari-hari kita
berusaha untuk merubah sikap dan perilaku orang lain, berusaha untuk mengajak
mereka melakukan sesuatu.
4.
Untuk
bermain
Kita menggunakan banyak
perilaku komunikasi kita untuk bermain dan menghibur diri. Demikian pula banyak
dari perilaku komunikasi kita dirancang untuk memberikan hiburan pada orang
lain. Adakalanya hiburan ini merupakan tujuan akhir, tetapi adakalanya ini
merupakan untuk mengikat perhatian orang lain sehingga kita dapat mencapai
tujuan-tujuan lain. Sumber : Devito, Joseph A(a), The Interpersonal Communication Book, Fifth Edition, New York, Harper and Row Publisher, 1989
Komunikasi akan dapat
berhasil baik apabila timbul saling pengertian, yaitu jika kedua belah pihak,
si pengirim dan penerima informasi memahami. Tirman Sirait mengemukakan
pendapatnya tentang pengertian komunikasi sebagai berikut, “Komunikasi adalah
suatu tingkah laku perbuatan atau kegiatan penyampaian atau pengoperan
lambang-lambang yang mengandung arti atau makna-makna informasi dari seseorang
kepada orang lain, atau lebih jelasnya suatu pemindahan atau pengoperan
informasi mengenai pikiran dan perasaan-perasaan” (Tirman, 1982: 11)
Posting Komentar untuk "TUJUAN KOMUNIKASI"