TUJUAN PALING MENDASAR DARI KEGIATAN PUBLIC RELATIONS
Daftar Isi
Tujuan public relations |
Seperti
kita ketahui tujuan paling mendasar dari kegiatan Humas adalah menciptakan
pemahaman. Menurut Jefkins (1992 : 51) :
Setiap praktisi Humas berkewajiban menjadikan khalayak
organisasinya memahami produk atau kehadiran organisasi secara keseluruhan.
Mereka sama sekali tidak dibebani tugas untuk membuat khalayak tadi menyukai
atau mencintai organisasinya. Kalau khalayak bisa memahami kondisi organisasi,
meskipun mereka tidak menyukainya, tujuan Humas sudah tercapai. Jadi di sini
yang ditekankan adalah pengertian atau pemahaman.
Jadi
pada intinya kegiatan humas senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan
pemahaman/ pengertian melalui pengetahuan. Pengertian dan pemahaman yang
tercipta diantara publik dengan perusahaannya dapat membuat citra suatu
perusahaan semakin baik di mata publiknya.
Selanjutnya
menurut Anggoro (2001:69) “Citra Humas yang ideal adalah kesan yang benar,
yakni sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, serta pemahaman atas
kenyataan yang sesungguhnya”. Oleh karena itu peristiwa apapun yang terjadi di
dalam suatu perusahaan, baik itu positif maupun negatif, hendaknya tidak
ditutup-tutupi, karena hal ini akan membuat masyarakat menjadi semakin tidak
simpati terhadap perusahaan tersebut.
Hal
yang harus selalu diingat adalah bahwa perusahaan tidak tumbuh dengan
sendirinya, dibutuhkan dukungan dari masyarakat agar keberadaan suatu
perusahaan dapat berjalan dengan baik, dengan demikian akan terbentuk pula
citra yang baik mengenai reputasi perusahaan tersebut.
Perusahaan-perusahaan
yang memiliki reputasi yang bagus, umumnya menikmati enam hal, yaitu :
1.
Hubungan
yang baik dengan para pemuka masyarakat
2. Hubungan
yang positif dengan pemerintah setempat
3.
Risiko krisis yang lebih kecil
4. Rasa kebanggaan dalam organisasi dan diantara khalayak
sasaran
5. Saling
pengertian antara khalayak sasaran, baik internal maupun eksternal
6. Meningkatkan
kesetiaan para staf perusahaan
(Anggoro, 2001:67)
.
Posting Komentar