TELEVISI SEBAGAI MEDIA MASSA ELEKTRONIK

Daftar Isi


Televisi sebagai salah satu media komunikasi massa yang merupakan suatu sistem penerima gambar dan suara yang dikirim oleh stasiun televisi dari suatu tempat sehingga dapat dilihat di suatu tempat yang lain dari jarak jauh dengan menggunakan alat penerima. Televisi juga adalah sebagai media massa elektronik.

Pengertian televisi menurut J.B Wahyudi dalam bukunya “Media Komunikasi Massa sebagai berikut :

“Televisi berasal dari dua kata yang berbeda asalnya, yaitu Tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh, visi yang berarti penglihatan. Dengan demikian berarti televisi yang dalam bahasa inggrisnya Television diartikan dengan melihat jauh. Melihat jauh disini diartikan dengan gambar dan suara yang diproduksi disuatu tempat (studio) dapat dilihat dari tempat lain melalui sebuah perangkat penerima”. (Wahyudi)

Dengan demikian dapat dipahami bahwa televisi adalah salah satu bentuk media massa yang memancarkan suara dan gambar sehingga reproduksi dari kenyataan yang disiarkan lewat gelombang elektro magnetik, sehingga dapat diterima oleh pesawat penerima di rumah.

Adapun kelebihan media televisi dari media lainnya adalah karena audio visual, dapat dilihat dan didengar “hidup” menggambarkan kenyataan, dan langsung menyajikan peristiwa yang tengah terjadi kesetiap rumah pemirsa. Televisi merupakan media yang terpadu antara radio dan televisi dan kelebihan inilah televisi difokuskan sebagai :
“Salah satu bentuk mass media yang memancarkan suara dan gambar (audio visual) yang berarti sebagai reproduksi dari pada kenyataan yang disiarkannya melaui gelombang-gelombang elektromagnetik sehingga dapat diterima oleh pesawat-pesawat penerima di rumah”. (Palapah & Syamsudin)
Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa televisi merupakan generasi baru media elektronik yang dapat menyampaikan pesan-pesan secara audio visual dan serentak. Pesan yang disampaikan oleh televisi dapat berupa gambar diam atau bergerak atau hidup. Bila disajikan secara kreatif, televisi dapat menyuguhkan realita yang ada. Oleh karena itu televisi dapat berhasil memikat khalayak dari media massa lainnya.
Televisi adalah salah satu medium komunikasi massa yang mempunyai beberapa karakteristik dasar yang membedakan dengan media komunikasi lainnya:
1.     Televisi adalah medium audio visual. Sebagai medium audio visual, televisi tidak hanya dapat menghadirkan kata-kata tetapi juga suara gaduh, musik dan perubahan pada suara.
2.     Televisi adalah medium dengan waktu terbatas, artinya program-program yang disiarkan terbatas, sehingga pemirsa tidak mempunyai kesamaan untuk memilih bagian-bagian yang penting pengulangan kembali apa yang telah kita lihat.
3.     Televisi mempunyai jumlah saluran yang terbatas. Bagian dalam masalah ini adalah soal hak untuk mengembangkan siaran dengan sistem Very High Frequency (VHF) sebelum menggunakan sistem Ultra High Frequency  (UHF).
4.     Televisi adalah medium dengan kompleksitas yang tinggi dan biaya pengoperasian teknik demikian tinggi. (Wahyudi).
Mengenai jenis siaran televisi J.B. Wahyudi, membagi menjadi tiga golongan besar, yaitu :
5.     Siaran berita, bertitik tolak dari pengertian berita
6.     Siaran non berita, biasanya siaran-siaran yang tidak memiliki nilai politik dan strategis, disini yang diutamakan adalah keindahan dan sasarannya adalah kepuasan penonton. Masuk dalam kategori siaran televisi non berita adalah sandiwara, penerangan umum, acara-acara yang tidak memiliki nilai politik dan strategis.
7.     Siaran iklan adalah siaran yang khusus untuk promosi suatu produk. (Wahyudi)
Kesimpulan dari pendapat di atas, ada tiga golongan dalam siaran televisi, yaitu siaran berita yang didasarkan pada berita, siaran non berita berupa tayangan acara-acara yang bersifat menghibur dan tidak memiliki nilai politik dan strategis, dan siaran iklan yang berfungsi untuk mempromosikan suatu produk.
(Sumber tulisan : Palapah, M O, dan Atang Syamsudin, Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unpad, Bandung, 1991
Wahyudi, J.B, Media Komunikasi Massa, Bina Cipta, Jakarta, 1996)

Posting Komentar