PROSES DAN SYARAT-SYARAT PENYEBARAN INFORMASI
Daftar Isi
Membicarakan tentang aktifitas proses penyebaran
informasi, maka akan dibahas pula aktifitas komunikasinya. Garis kesamaan
antara komunikasi dengan informasi adalah terletak pada unsur-unsur yang
berperan ketika aktifitas berlangsung.
“Penyebaran informasi adalah
penyebaran pesan yang berisi fakta (data yang sesuai dengan kenyataan) sehingga
menimbulkan penjelasan yang benar dan jelas serta menumbuhkan pengertian yang
sama mengenai pesan yang disebarkan”.
(Sastropoetro)
Berlangsungnya penyebaran informasi yang efektif
memerlukan syarat-syarat yang harus dipenuhi, sebagaimana yang dikemukakan oleh
Sastropoetro yaitu :
1.
Pesan
yang disebarkan haruslah disusun secara jelas, mantap, dan singkat agar mudah
ditangkap. Perlu dipahami bahwa tiap orang mempunyai daya tangkap yang bebeda.
Dengan demikian penyebaran pesan haruslah menyusun pesan menurut perhitungan
yang dapat ditangkap oleh orang lain
atau sebagian terbesar orang yang berkepentingan;
2.
Lambang-lambang
yang digunakan haruslah dapat dipahami, dimengerti oleh mereka yang menjadi
sasaran, artinya jikalau akan menggunakan bahasa, pergunakanlah bahasa yang
dapat dimengerti;
3.
Pesan
disampaikan atau disebarkan hendaknya dapat menimbulkan minat, perhatian, dan
keinginan pada si penerima pesan untuk melakukan sesuatu;
4.
Pesan-pesan
yang disampaikan atau disebarkan hendaknya menimbulkan keinginan untuk
memecahkan masalah, sekiranya ada masalah. (Sastropoetro)
Ada
beberapa hal penting dalam memilih media yang dianggap tepat untuk menyebarkan
informasi yaitu mengenai tingkat daya guna atau efisiensi dari media. Dalam hal
ini Wilder membaginya ke dalam
dua golongan media yaitu :
1.
Media Sekilas (Instant
Media) yaitu media yang hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat atau
sepintas lalu saja, seperti poster, plakat, spanduk, slide (dalam radio atau
bioskop dan film-film singkat yang hanya dapat ditonton paling lama tiga
menit).
2.
Media Lama atau Panjang (Penetrating
Media) yaitu media yang dapat dibawa pulang ke rumah, seperti folder, pamflet,
brosur, dan sebagainya. Termasuk juga pada film-film yang membutuhkan waktu
pemutaran lama.