PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENDERITA DEMAM BERDARAH (DBD)

Daftar Isi

Demam Berdarah


Apa mau dikata, sudah berupaya menjaga kesehatan tapi ternyata terkena demam berdarah juga. Kita kudu bertobat dan membaca pertolongan pertama penderita pada demam berdarah. 
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu:
  1. Memberikan minum sebanyak mungkin.
  2. Kompres agar panasnya turun.
  3. Memberikan obat penurun panas.
Cek suhu tubuh penderita setiap hari
-           Bawa ke dokter bila demam berlangsung selama 3 hari
-           Istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien infeksi virus dengue, bila perlu dilakukan pemberian cairan infus pada penderita..
-           Penderita harus segera dibawa ke rumah sakit apabila hasil laboratorium menunjukkan ada tanda-tanda penurunan trombosit atau peningkatan hematokrit.
-           Mengawasi penderita jangan sampai terjadi syok yang ditandai dengan rasa lemas, mengantuk, dan pingsan, sementara kaki terasa dingin sekali.
Cara Penularan Demam Berdarah

Penyakit Demam Berdarah ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus Dengue.

Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti:
  • Berwarna hitam dan belang- belang ( loreng) putih pada seluruh tubuh
  • Berkembangbiak di tempat penampungan air ( TPA) dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang seperti: Bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas, dll.
  • Nyamuk aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak di selokan /got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah
  • Biasanya menggigit manusia pada pagi atau sore hari
  • Mampu terbang sampai 100 meter

Posting Komentar