PERBEDAAN BIOGRAFI DENGAN AUTOBIOGRAFI

Daftar Isi

Biografi


Banyak yang tak paham dengan biografi dan perbedaannya dengan autobiografi. Seorang kawan yang ingin ikut tes CPNS bahkan merelakan dirinya melembur tengah malam agar bisa tahu perbedaan keduanya. Ketika itu saya katakan bahwa “dua mahluk” ini pasti keluar di soal-soal CPNS. Baiklah, mari kita simak perbedaan biografi dengan autobiografi. 
Biografi adalah kisah atau riwayat kehidupan seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Biografi ditulis dengan berbagai tujuan dan termasuk prosa naratif ekspositoris atau prosa faktual yang mengungkapkan fakta-fakta nyata. Salah satu tujuan biografi untuk memberikan informasi bagi pembaca tentang latar belakang kehidupan seorang tokoh sejak kecil hingga mencapai karier di kehidupannya.  
Sedangkan pengertian autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh tentang perjalanan kehidupanan pribadi yang dialaminya. Umumnya ditulis dimulai dari masa kecil sampai waktu yang ditentukan oleh penulis itu sendiri.

Penulis aubiografi umumnya mengandalkan pada berbagai dokumen dan didasarkan pada memori sang penulis. Di negara maju, riwayat hidup yang dibukukan dianggap sebagai suatu karya sastra yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Menurut Sallie Mcfaqua, autobiografi dan tulisan semacamnya perlu diperhatikan dan dinikmati karena di dalamnya terdapat sebuah
kisah kehidupan yang nyata.

Jadi perbedaan antara
biografi dengan autobiografi terletak pada
siapa penulisnya. Jika penulisnya orang lain maka disebut biografi, sedangkan jika penulisnya diri tokoh tersebut maka disebut autobiografi. Moga penjelasan singkat ini memberikan sedikit pencerahan tentang pengertian dan perbedaan keduanya. Amin..

Posting Komentar