PERANAN JURU BICARA

Daftar Isi


Kedudukan seseorang dalam organisasi adalah menempatkan seseorang dalam anggota kelompok organisasi apakah lebih tinggi, lebih rendah, atau sejajar maupun dalam hubungannya di luar organisasi. Salah satu alasan diangkatnya Juru Bicara adalah untuk mencapai tujuan Departemen Luar Negeri dalam rangka menyampaikan kebijakan-kebijakan Departemen Luar Negeri dan menyediakan informasi mengenai issu-issu terkini yang sedang berkembang. Tetapi tujuan tersebut tidak akan berlangsung dengan baik bila Juru Bicara tidak memehami fungsi dan peranannya sendiri. Maka, sangatlah penting untuk mengetahui peranan juru bicara.
Dan Nimmo mengatakan bahwa Juru Bicara dalam kepentingan organisasi biasanya : “bukan profesional dalam komunikasi. Namun, ia cukup terlibat baik dalam politik maupun dalam komunikasi sehingga dapat disebut aktivis politik dan semiprofesional dalam komunikasi politik. Berbicara untuk kepentingan yang terorganisasi merupakan peran yang serupa dengan peran politikus yang menjadi wakil partisan, yakni mewakili tuntutan keanggotaan suatu organisasi dan tawar-menawar untuk pemeriksaan yang menguntungkan”.
Adapun peranan Juru Bicara (spokesman role) yang dikemukankan Effendy dalam bukunya “Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek” bahwa :

“Peranannya sebagai Juru Bicara memiliki persamaan dengan peranannya sebagai penghubung, yakni dalam hal mengkomunikasikan informasi kepada khalayak luar. Perbedaannya ialah dalam hal caranya: jika dalam peranannya sebagai penghubung ia menyampaikan informasi secara antarpesona atau kontak pribadi dan tidak selalu resmi, maka dalam peranannya sebagai Juru Bicara tidak selamanya secara kontak pribadi, tetapi selalu resmi. Dalam peranannya sebagai Juru Bicara itu ia juga harus mengkomunikasikan informasi kepada orang-orang yang berpengaruh yang melakukan pengawasan terhadap organisasinya. Kepada khalayak di luar organisasi (external public) ia memberikan informasi dalam rangka mengembangkan organisasinya. Ia meyakinkan khalayak bahwa organisasi yang dipimpinnya telah melakukan tanggung jawab sosial sebagaimana mestinya. Ia meyakinkan pula para pejabat pemerintahan bahwa organisasinya berjalan sesuai dengan peraturan sebagaimana harusnya”



Posting Komentar