PENYESUAIAN-PENYESUAIAN SOSIAL DALAM MASA REMAJA

Daftar Isi


Penyesuaian-penyesuaian sosial dalam masa remaja yang berhubungan dengan kehidupan sosial atau kehidupan dalam masyarakat, adalah penyesuaian-penyesuaian yang antara lain harus dibuat terhadap :
  1. Pengaruh yang lebih besar daripada kelompok teman sebaya
  2. Perubahan-perubahan dalam tingkah laku yang berhubungan dengan kehidupan bersama
  3. Pengelompokan-pengelompokan sosial
  4. Persahabatan pada masa remaja
  5. Penerimaan atau penolakan dalam masyarakat
  6. Pemimpin-pemimpin dan kepemimpinan
Masa remaja adalah masa ujian, masa yang penuh tantangan, masa yang sukar dimengerti yang harus difahami, masa bergelora yang harus diselami, baik oleh pemuda itu sendiri maupun oleh siapa saja yang berkepentingan dengannya.
Melihat komplektisitasnya psikologi remaja, seharusnya yang merasa penting mempelajari remaja, ialah semua pihak yang berkepentingan dengan para remaja, terutama para pendidik. Menurut  Dr. Ki Hajar Dewantara, yang dimaksud dengan para pendidik ialah orang tua, pemimpin masyarakat dan guru. Dalam mempersiapkan atau mendidik remaja, para pendidik harus mempunyai tugas, diantaranya :

1.      Menjaga, dalam pengertian jangan sampai rusak perkembangan jasmani rohani remaja. Jasmani dijaga dengan pendidikan jasmani, pendidikan rohani dilakukan dengan jalan mengembangkan segala aspeknya yang baik dan mencegah perkembangan aspek – aspeknya yang kurang baik. Dengan penjagaan ini diharapkan jiwa dan raga anak, mencapai keharmonisan.
2.      Membina, yang berarti meningkatkan. Yang ditingkatkan adalah kemampuan. Oleh pendidik, kemampuan ini ditingkatkan dengan pengetahuan–pengetahuan, pengalaman – pengalaman, latihan – latihan dan sebagainya, sehingga dengan hasil pembinaan itu diharapkan anak mampu memikul tugasnya dikemudian hari, sebagai orang tua anak – anaknya, sebagai anggota masyarakat dan sebagai warga negara.

Posting Komentar