PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

Daftar Isi

         

Komunikasi merupakan faktor yang penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi bisnis. Pengertian komunikasi bisnis bukanlah penggabungan dari dua pengertian komunikasi dan bisnis, melainkan merupakan proses komunikasi dalam kegiatan bisnis. Seorang pimpinan secara rutin harus berkomunikasi dengan bawahannya untuk meminta mereka membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat aduan, membuat surat edaran umum, membuat surat kontrak kerja sama, membuat surat balasan/tanggapan, dan sejenisnya.
Pengertian Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal. (Purwanto, 1997 : 1)
Menurut  Rosenbatt  (1997), “komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi instruksi, dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi”.
Pengertian  diatas, bila kita perhatikan memiliki 6 unsur pokok dalam kegiatan komunikasi bisnis:

(1) bertujuan, berarti komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan pencapaian tujuan organisasi/lembaga;
(2) pertukaran, kegiatan ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan;
(3) gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi dan kondisinya;
(4) saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap-muka atau melalui siaran televisi yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan;
(5) simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti untuk menyampaikan atau mempertukarkan pesan;
(6) pencapaian tujuan organisasi; salah satu karakteristik yang membedakan organisasi formal dari informal adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen. Ada dua tujuan: (a) tujuan produktif dan; (b) tujuan  memelihara. Keberhasilan lembaga bisnis diukur berdasarkan keuntungan yang diperolehnya, tujuan produktivitas menentukan tingkat operasional dan tujuan pemeliharaan menentukan tingkat produktivitas.
Banyak pakar manajemen mengutarakan komunikasi yang efektif merupakan suplemen manajemen yang professional. Komunikasi bisnis mempunyai dua tujuan utama, yaitu:
1.     Mendapatkan pemahaman penuh tentang makna pesan yang diberikan kepada pihak lain, baik didalam maupun diluar organisasi perusahaan.
2.     Mendapatkan tanggapan, tindakan atau persetujuan dari si penerima pesan seperti yang diharapkan si pemberi pesan.
Pesan itu sendiri dapat berbentuk berita, introduksi tentang sesuatu hal baru, penyampaian pendapat, informasi, penjelasan rekomendasi, perintah, pertanyaan atau himbauan untuk berbuat sesuatu.

Posting Komentar