PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
Daftar Isi
Komunikasi
merupakan faktor yang penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi bisnis.
Pengertian komunikasi bisnis bukanlah penggabungan dari dua pengertian
komunikasi dan bisnis, melainkan merupakan proses komunikasi dalam kegiatan
bisnis. Seorang pimpinan secara rutin harus berkomunikasi dengan bawahannya
untuk meminta mereka membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat
aduan, membuat surat edaran umum, membuat surat kontrak kerja sama, membuat
surat balasan/tanggapan, dan sejenisnya.
Pengertian
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal.
(Purwanto, 1997 : 1)
Menurut
Rosenbatt (1997), “komunikasi bisnis adalah
pertukaran gagasan, pendapat, informasi instruksi, dan sebagainya yang memiliki
tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui
simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi”.
Pengertian diatas, bila kita perhatikan memiliki 6 unsur
pokok dalam kegiatan komunikasi bisnis:
(1) bertujuan, berarti komunikasi
bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan
pencapaian tujuan organisasi/lembaga;
(2) pertukaran, kegiatan ini melibatkan
paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan;
(3) gagasan, opini, informasi,
instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan,
situasi dan kondisinya;
(4) saluran personal atau impersonal
yang mungkin bersifat tatap-muka atau melalui siaran televisi yang menjangkau
jutaan orang secara bersamaan;
(5) simbol atau sinyal yang merupakan
alat atau metode yang dapat dimengerti untuk menyampaikan atau mempertukarkan
pesan;
(6) pencapaian tujuan organisasi;
salah satu karakteristik yang membedakan organisasi formal dari informal adalah
adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen. Ada dua tujuan:
(a) tujuan produktif dan; (b) tujuan
memelihara. Keberhasilan lembaga bisnis diukur berdasarkan keuntungan
yang diperolehnya, tujuan produktivitas menentukan tingkat operasional dan
tujuan pemeliharaan menentukan tingkat produktivitas.
Banyak
pakar manajemen mengutarakan komunikasi yang efektif merupakan suplemen
manajemen yang professional. Komunikasi bisnis mempunyai dua tujuan utama,
yaitu:
1.
Mendapatkan pemahaman penuh tentang makna
pesan yang diberikan kepada pihak lain, baik didalam maupun diluar organisasi
perusahaan.
2.
Mendapatkan tanggapan, tindakan atau
persetujuan dari si penerima pesan seperti yang diharapkan si pemberi pesan.
Pesan itu sendiri dapat berbentuk berita,
introduksi tentang sesuatu hal baru, penyampaian pendapat, informasi,
penjelasan rekomendasi, perintah, pertanyaan atau himbauan untuk berbuat
sesuatu.
Posting Komentar