PENGERTIAN INFORMASI

Daftar Isi


Ada beberapa pengertian informasi. Eastabrook yang mengatakan bahwa “Informasi adalah suatu rekaman fenomena yang diamati atau bisa juga berupa putusan-putusan yang dibuat, bisa jadi hanya berupa kesan pikiran seseorang atau mungkin juga berupa data yang tersusun rapi”. Sedangkan, menurut Moekijat bahwa :
…..ada perbedaan konseptual yang cukup prinsipil antara data dan informasi. Perbedaan yang biasa dibuat dengan menyatakan bahwa data bahan baku yang harus diolah sedemikian rupa sehingga berubah karena sesungguhnya data tidak mempunyai nilai apa-apa untuk mengambil keputusan. Hanya informasilah yang mempunyai nilai-nilai, dalam arti bahwa informasi akan memudahkan seseorang untuk mengambil keputusan.
Dari pendapat yang dikemukakan oleh Moekijat tersebut, kaitan yang erat antara informasi dengan data, karena salah satunya informasi berasal dari data. Namun, apabila data belum diolah maka data tersebut belum menjadi sebuah informasi. Hal tersebut diperkuat oleh pendapat Davis dengan mengatakan bahwa
“Informasi adalah data yang telah diproses ke dalam bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau saat sekarang”.
Berbicara tentang pengertian informasi, maka dari hasil pengolahan informasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan seseorang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :
1.     Benar,
2.     Lengkap,
3.     tersedia pada waktunya,
4.     terarah, dan
5.     Penyajian yang baik/tidak menimbulkan bermacam-macam penafsiran.
(Rachmadi)

Posting Komentar