PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS CITRA (IMAGE)

Daftar Isi



Dalam bahasa Inggris, citra disebut dengan istilah ”Image”, sedangkan dalam bahasa komuniksai menurut Keith Davis, citra adalah : “The picture in ourhead” (gambar yang ada dalam kepala kita). Gambar disini dimaksudkan adalah gambar mental yang mengandung unsur positif dan negatif. (Yulianita, 1999:43)  Sedangkan pengertian citra (image) menurut Kasali (1999 :30) adalah  “kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan, pemahaman itu sendiri muncul karena adanya informasi”.

            Adapun jenis-jenis citra (image) menurut  Jefkins (1992: 17-19) adalah :
1.    Citra bayangan
Citra ini melekat pada orang dalam atau anggota-anggota organisasi. Biasanya pemimpinnya mengenai anggapan pihak luar tentang organisasinya. Dengan kata lain citra bayangan yaitu citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya.
2.    Citra yang berlaku
Kebalikan dari citra bayangan, citra yang berlaku (current image) ini adalah suatu citra atau pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi. Citra ini terbentuk dari pengetahuan dan pengalaman seseorang tentang suatu organisasi.
3.    Citra yang diharapkan
Adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen
4.    Citra perusahaan
Citra perusahaan (corporate image) adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, jadi bukan citra atas produk atau jasa pelayanannya. Citra ini terbentuk oleh beberapa hal seperti reputasi      (nama baik) perusahaan, kesediaan memikul tanggung jawab sosial yang besar melalui kegiatan-kegiatannya, perilaku manajemen, dan lain-lain.
5.    Citra majemuk
Setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki banyak unit dan pegawai (anggota). Masing-masing unit dan individu tersebut memiliki perangai dan perilaku tersendiri sehingga secara sengaja atau tidak, sadar atau tidak, mereka pasti memunculkan suatu citra yang belum tentu sama dengan cita organisasi atau perusahaan secara keseluruhan.


Posting Komentar