PENGERTIAN COMMUNITY DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN MASYARAKAT)
Daftar Isi
Community Development |
Pengertian
Communitty Development (pengembangan masyarakat)
dapat didefinisikaan sebagai “Kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan
untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya
yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kegiatan pembangunan sebelumnya”
(Budimanta,2003a :40)
Dengan demikian diharapkan
masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan tersebut dapat menjadi lebih
mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik.
Secara umum visi community
development adalah “Menciptakan lingkungan yang kondusif dan harmonis
antara perusahaan dengan masyarakat di sekitar wilayah kegiatan perusahaan”
(Budimanta, 2003 : 41) sedangkan misi dari aspek lingkungan sosial adalah
“Memberikan nilai tambah pada nilai sosial ekonomi pemerintah daerah dan
khususnya masyarakat sekitar” (Budimanta,2003 : 40) selain itu misi yang
lainnya adalah “Sebagai wahana interaksi antara masyarakat, pemerintah daerah
dan pihak-pihak terkait (stakeholders) dengan perusahaan (Budimanta 2003
: 41). Dengan terbinanya interaksi yang baik antara pihak-pihak tersebut, maka
diharapkan dapat mencegah sedini mungkin konflik yang mungkin dapat terjadi
antara masyarakat dengan kegiatan perusahaan.
Adapun tujuan dari community
development menurut Budimanta (2003:43)
pada perusahaan adalah menitik beratkan pada
lingkungan sekitarnya, yaitu :
a. Mendukung
upaya-upaya yang dilakukan oleh PEMDA terutama pada tingkat desa dan masyarakat
untuk meningkatkan kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik di sekitar
wilayah perusahaan.
b. Memberikan kesempatan kerja dan berusaha bagi masyarakat
c. Membantu
pemerintah daerah dalam rangka pengentasaan kemiskinan dan pengembangan ekonomi
wilayah.
Sedangkan sasaran yang ingin
dicapai dari program community development ini adalah sebagai berikut :
a. Pengembangan
dan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi masyarakat dan pihak-pihak
terkait yang berada di sekitar wilayah perusahaan
b. Pengembangan dan peningkatan sarana wilayah seperti
kesehatan, transportasi, pendidikan dan keagamaan yang didasarkan pada skala
prioritas dan potensi wilayah tersebut.
c. Mendorong
dan mengembangkan potensi-potensi kewirausahaan yang didasarkan pada sumber
daya lokal
d. Pengembangan
kelembagaan lokal di sekitar wilayah operasi perusahaan. (Budimanta, 2003:42)
Ruang lingkup community development meliputi tiga aspek, yaitu :
a. Community
Services; merupakan pelayanan perusahaan untuk memenuhi
kepentingan masyarakat, seperti pembangunan fasilitas umum…pengembangan
kualitas pendidikan…keagamaan dan lain sebaginya
b. Community
Empowering; adalah program-program yang berkaitan dengan memberikan
akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya.
c. Community
Relations yaitu kegiatan-kegiatan yang menyangkut pengembangan
komunikasi dan informasi kepada para pihak yang terkait.(Budimanta, 2003: 43)
Adapun peserta dari program community
development ini seyogyanya difokuskan pada masyarakat yang terkait dampak
langsung dari kegiatan perusahaan (Budimanta,2003: 44)