PENGERTIAN BUKU PEDOMAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI
Daftar Isi
Berikut
merupakan penjelasan pengertian buku
pedoman sebagai media komunikasi. Buku pedoman sering disebut sebagai hand
book, buku panduan, buku penuntun, dan buku pegangan. Effendy mengatakan bahwa buku pedoman
adalah, “Buku yang berisi informasi, petunjuk, dan lain-lain yang menjadi
petunjuk tuntunan bagi pembaca untuk mengetahui sesuatu secara lengkap”.
Sebenarnya
dari pendapat yang dikemukakan oleh Effendy di atas, untuk memperoleh berbagai
informasi yang dibutuhkan dalam buku pedoman sebagai penuntun selama
beraktifitas dalam ruang lingkup tertentu, maka pembaca bukan sekadar
mengetahui, mengerti, dan memahami, namun dilanjutkan pada tahap perbuatan.
Menurut
Blake dan Haroldsen bahwa “Media
komunikasi seperti sedianya buku penuntun lebih tepat disebut sebagai medio
communication”.
Istilah
media komunikasi dalam Bahasa Latin yaitu medio communication (komunikasi
medio). Menurut Blake dan Haroldsen bahwa
“Medio dapat diartikan sebagai “tengah”. Maksudnya bahwa dalam konteks
komunikasi, kata “tengah” dapat diartikan sebagai antara komunikasi persona dan
komunikasi massa”. Effendy menambahkan
“Komunikasi medio menggunakan media yang tidak memiliki ciri-ciri yang terdapat
pada media massa terutama pada ciri keserempakannya”.
Berdasarkan
sasaran yang dituju media nirmassa/nonmassa dapat diklasifikasikan menjadi dua
kelompok, yaitu terdiri dari media yang ditujukan pada satu orang dan banyak
orang. Penjelasannya dapat dilihat di bawah ini sebagai berikut :
1.
Media Individual
Yang
dimaksud dengan media individual adalah media nirmassa/nonmassa yang
dipergunakan untuk komunikasi point-to-point atau “dari-titik-ke-titik”.
Maksudnya adalah, bahwa komunikasi terjadi di antara seseorang dengan seseorang
lainnya. Adapun yang termasuk pada media individual seperti surat, telepon,
telegram, telex, dan lain-lain. Jadi media individual ini merupakan proses
pengiriman dan penerimaan pesan yang ditujukan hanya pada satu orang.
2.
Media Umum
Yang
dimaksud dengan media umum di sini adalah sebagai sarana komunikasi yang
dipergunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik, baik publik intern maupun
publik ekstern, dalam jumlah yang relatif banyak. Contoh dari media umum
seperti buku pedoman, papan pengumuman, poster, spanduk, pamflet, baligho,
pameran, open house, dan lain-lain.