PENGERTIAN ANEMIA

Daftar Isi

Gambar Sel Darah Anemia


Anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah (eritrosit) atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen / HB) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Normal HB orang dewasa adalah berkisar pada angka 12-14mmHG.  
Tingkat normal dari hemoglobin umumnya berbeda pada laki-laki dan wanita-wanita. Untuk laki-laki, anemia secara khas ditetapkan sebagai tingkat hemoglobin yang kurang dari 13.5 gram/100ml dan pada wanita-wanita sebagai hemoglobin yang kurang dari 12.0 gram/100ml. Definisi-definisi ini mungkin bervariasi sedikit tergantung pada acuan sumber dan laboratorium yang digunakan. 
Banyak yang menduga anemia sama halnya dengan tekanan darah rendah. Padahal,
anemia terjadi akibat dari penurunan sel darah merah yang menyebabkan kurangnya suplai oksigen dalam tubuh. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. 
Penyebab anemia sebenarnya secara umum bisa disebabkan karena adanya gangguan pada sel darah merah sehingga berpengaruh pada siklus masa hidup normalnya. Siklus hidup sel darah merah normal pada manusia adalah sekitar  120 hari.

Posting Komentar