KLASIFIKASI SURAT

Daftar Isi


Secara umum, surat dapat didefinisikan sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Seperti yang telah disebutkan di atas, informasi yang disampaikan dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintas permintaan, atau laporan. Informasi dapat ditulis dalam secarik surat, namun dapat pula secara elektronik  seperti e-mail. Dilihat dari segi bentuk, isi, dan bahasanya, klasifikasi surat dapat dikelompokkan kedalam tiga jenis surat, yaitu:

1)     Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Karena bersifat pribadi, jenis surat ini tidak menggunakan format penulisan yang baku. Surat pribadi bersifat personal, santai, dan tidak ada format baku. Yang termasuk dalam kategori surat pribadi antara lain surat perkenalan, surat cinta, surat undangan perkawinan, surat bela sungkawa, surat ucapan terima kasih, dan sejenisnya.
2)     Surat dinas
Surat dinas atau surat resmi adalah surat yang isinya berkaitan dengan kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi. Karena berkaitan dengan kegiatan kedinasan dan bersifat formal, surat dinas memiliki suatu format penulisan baku yang dapat digunakan dalam kegiatan korespondensi suatu instansi tertentu. Yang termasuk ke dalam surat dinas antara lain surat undangan dinas, surat pengumuman, surat edaran, surat pengantar, surat tugas, surat nota, surat instruksi, surat kuasa, surat memo, dan surat keputusan.
3)     Surat bisnis
Surat bisnis adalah surat yang digunakan oleh orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha bisnis, seperti perdagangan, perindustrian, dan usaha jasa (misalnya perusahaan angkutan, perusahaan bangunan, perusahaan asuransi, perusahaan perhotelan, koperasi, BUMN, dan Perbankan). Surat bisnis meliputi surat pesanan, surat penawaran, surat pengiriman barang, surat penagihan, surat pembayaran dan surat pengaduan. Surat bisnis memegang peranan penting dalam dunia bisnis, karena hubungan dengan pihak ekstern (luar) organisasi perusahaan biasannya dilakukan melalui korespondensi atau surat-menyurat.



1 komentar

Sangat bermanfaat, terima kasih