KEUNGGULAN IKLAN ANIMASI
Daftar Isi
Ada
beberapa keunggulan iklan animasi.
Iklan animasi ini dibuat agar anak-anak lebih tertarik untuk menonton dan lebih
mudah diterima dan dipahami oleh anak-anak. Selain itu alasan penggunaan iklan
animasi adalah:
(1) Berkaitan
dengan target market yang dibidik. Umumnya, yang sering menggunakan alasan ini
adalah pengiklan yang memasarkan produk untuk anak-anak.
(2) Animasi dapat
mengilustrasikan sesuatu yang sulit serta tidak bisa dijangkau dengan shooting biasa. Selain itu,
ketertarikan pengiklan terhadap iklan animasi dikarenakan bisa membangun imez
visual yang tidak berbeda jauh dengan keadaan aslinya.
(3) Pemanfaatan
animasi juga berfungsi agar tampilan iklan terlihat lebih atraktif dan menarik
perhatian.
(4) Agar lebih
efisien, biaya pembuatannya lebih murah dari pada membuat iklan yang non
animasi. Hal ini dikarenakan pembuatan iklan animasi prosesnya tidak sama
dengan membuat iklan biasa. Contohnya, saat menjatuhkan pilihan untuk membuat
iklan animasi, terutama yang menggunakan animasi karakter secara utuh,
pengiklan atau agensi tidak perlu repot-repot menyediakan alokasi anggaran
syuting ataupun bintang iklan. Soalnya, dalam pembuatan iklan animasi semua
prosesnya dapat langsung dikerjakan di rumah produksi animasi serta post
production. (Cakram Komunikasi, September 2002/223)
Penayangan dari iklan animasi ini adalah melalui media
elektronik terutama yaitu Televisi. Hal ini dikarenakan televisi dianggap
sebagai salah satu media massa yang mempunyai daya tarik yang kuat karena
selalu mempunyai unsur kata-kata, musik dan saund efek, televisi juga mempunyai
unsure visual berupa gambar hidup yang mampu menimbulkan kesan mendalam pada
penonton.
Penyuluhan di
televisi dilakukan dalam bentuk iklan animasi, iklan disini adalah sebagai
salah satu usaha dalam menyampaikan informasi mengenai manfaat minum susu
kepada anak-anak.
Posting Komentar