KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA

Daftar Isi

Karakteristik komunikasi


Komunikasi massa biasanya menghendaki organisasi resmi dan rumit untuk melakukan operasinya. Produksi surat kabar atau siaran televisi meliputi sumber pembiayaan dan karenanya juga pengawasan keuangan; ini merupakan pekerjaan yang benar-benar memerlukan keahlian; jadi memerlukan manajemen yang baik; memerlukan juga  pengawasan  normatif yang erat hubungannya dengan orang luar yang mempunyai wewenang dan erat hubungannya dengan masyarakat. Dengan demikian harus ada orang yang bergerak dalam struktur yang menjamin kontinuitas dan kerjasama. Berikut karakteristik komunikasi massa, yakni seperti diuraikan di bawah ini:

1.   Komunikasi massa bersifat umum
Pesan komunikasi yang disampaikan melalui media massa adalah terbuka untuk semua orang. Benda-benda cetak, film, radio, dan televisi apabila digunakan untuk keperluan pribadi dalam lingkungan organisasi yang tertutup, tidak dapat dikatakan komunikasi massa.
2.   Komunikan bersifat heterogen
Perpaduan antara jumlah komunikan yang besar dalam komunikasi massa dengan keterbukaan dalam memperoleh pesan-pesan komunikasi, erat sekali hubungannya dengan sifat heterogen komunikan.
3.   Media massa menimbulkan keserempakan
Dimaksudkan dengan keserempakan ialah keserempakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainnya berada dalam keadaan terpisah. Radio dan televisi dalam hal ini melebihi media cetak, karena yang terakhir dibaca pada waktu yang berbeda dan lebih selektif.
4.   Hubungan komunikator-komunikan bersifat non-pribadi
Dalam komunikasi massa, hubungan antara komunikator dan komunikan bersifat non-pribadi, karena komunikan yang anonim dicapai oleh orang-orang yang dikenal hanya dalam peranannya yang bersifat umum sebagai komunikator.
Dari penjelasan di atas mengenai karakteristik komunikasi massa yang dikemukakan oleh beberapa pakar komunikasi, menguatkan pendapat bahwa komunikasi massa tidak terbatas pada perbedaan bahasa, budaya, pendidikan, pendapatan, kelas sosial dan pembatasan yang bersifat teknik. Komunikan dalam komunikasi massa adalah sejumlah orang yang di satukan oleh suatu minat yang sama, tingkah-laku yang sama dan terbuka bagi pengaktifan tujuan yang sama. Selain hal tersebut komunikasi masa juga dapat mengurangi ketidakpastian antara komunikan dan komunikator.
(Sumber tulisan : Effendy, Onong Uchjana, Dimensi – Dimensi Komunikasi, Alumni, Bandung, 1991)

1 komentar

Comment Author Avatar
5 Juni 2015 pukul 16.30 Hapus
informasinya sangat bermanfaat
mantap