JENIS-JENIS KAMBIUM

Daftar Isi

Kambium


Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas tentang pengertian kambium. Nah, kini, detik ini (halah..), kita akan membahas tentang jenis-jenis kambium. Pembagian jenis-jenis  kambium  bisa didasarkan pada proses terbentuknya, dibedakan atas dua perkara (serasa kayak di masjid yak), antara lain:
  1. Kambium primer yakni jenis kambium yang terletak antara floem dan xylem tumbuhan dikotil sekaligus Gymnospermae.
  2. Kambium sekunder atau kambium gabus merupakan jenis kambium yang ada di permukaan batang maupun akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini, ke luar membentuk sel gabus yang merupakan pengganti dari epidermis. Sementara itu kedalam untuk membentuk sel feloderm yang hidup.
Sedangkan berdasarkan kemampuan pembentukan jaringan Kambium dibagi menjadi
  1. Kambium vaskuler : kambium yang terdapat di dalam berkas pengangkutan . Kambium fasikuler ini jika sel selnya kearah dalam membentuk Xilem dan ke arah luar membentuk floem, sementara ke samping membentuk jaringan meristematis yang berfungsi memperluas kambium. Pertumbuhan oleh kambium ini disebut pertumbuhan sekunder maksudnya terjadi pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder fan ke arah dalam membentuk xilem sekunder.
  2. Kambium intervaskuler : kambium yang terdapat di antara dua berkas pengangkutan/ di luar berkas pengangkutan.Fungsi : membentuk jari-jari empulur.



Posting Komentar