ISI PESAN DALAM MEDIA MASSA DAN KEBUDAYAAN MASSA

Daftar Isi

Media massa dan Komunikasi Massa


Ada beberapa hal penting terkait isi pesan dalam media massa dan kebudayaan massa. Beberapa hal penting tentang isi pesan media massa di Amerika dinyatakan oleh Dennis McQuail sebagai berikut:
a. Isi media cenderung terlalu menyajikan bagian atas masyarakat, yaitu orang dan bidang pekerjaan dengan penghasilan status dan pengaruh besar.
b. Isi media mangandung stereotip tentang kaum minoritas dan kelompok luar seperti gender, kelompok etnis, buruh, orang - orang miskin dan imigran.

c. Menyediakan banyak dongeng tentang situasi dan perilaku.
d. Dalam penelitian berbagai peristiwa, isi media memusatkan perhatian pada hal - hal yang bersifat dramatis dan kekerasan.
e. Isi media menggambarkan lokasi dengan bias ke beberapa negara dan tempat yang disenangi, khususnya Amerika, Eropa Barat dan kota - kota internasional yang terkenal. (McQuail 1994:187)
Menurut Rosenberg dan White ( 1957 ), isi yang lazim diproduksi dan disebarluaskan oleh media massa selama berpuluh tahun disebut sebagai budaya massa. “Budaya massa mengacu pada pengertian produk yang semata - mata diciptakan untuk pasar massa” ( Wilensky, 1964 ). Dalam hal ini budaya massa timbul sebagai akibat dari proses masyarakat modern: munculnya pasar, keunggulan organisasi besar, dan tersedianya teknologi baru dalam bidang produksi budaya.
Orientasi jenis - jenis kebudayaan pop ini bukan pada nilai estetisnya, tetapi pada kemampuannya untuk berkomunikasi dengan khalayak yang butuh hiburan. “Ciri - ciri kebudayaan pop adalah keberadaan yang berlangsung terus dalam kehidupan sosial dalam wujud yang beraneka ragam, misalnya dalam wujud busana, musik, suara dan lain sebagainya” ( Mc. Quail, 1994: 38 ).

Posting Komentar