FUNGSI TELEVISI

Daftar Isi


Fungsi televisi sama seperti fungsi dari komunikasi massa karena televisi merupakan salah satu media dalam melakukan kegiatan komunikasi massa. Effendy (1993) menyebutkan televisi berfungsi seperti layaknya media komunikasi massa yakni:
1.     Fungsi informasi (the information function)
2.     Fungsi pendidikan (the educational function)
3.     Fungsi menghibur (the entertainment)
Fungsi televisi sebagai informasi karena dianggap sebagai media yang mampu menyiarkan informasi yang amat memuaskan. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor yang terdapat pada media massa audio visual. Pertama adalah faktor “Immediacy” dan kedua faktor “realism”.  Immediacy mengandung arti yaitu peristiwa yang disiarkan di televisi dapat dilihat dan didengar oleh pemirsa pada saat berlangsung meskipun mereka berada dirumah masing-masing tetapi mereka dapat menyaksikan dengan jarak yang dekat. Realism mengandung makna kenyataan. Ini berarti bahwa stasiun televisi menyiarkan informasinya secara audial dan visual dengan mikrofon dan kamera apa adanya sesuai dengan kenyataan.

Fungsi televisi sebagai pendidikan, ini berarti televisi merupakan sarana untuk menyiarkan pendidikan kepada khalayak yang begitu banyak secara simultan dengan tujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan, kemahiran khalayak disegala bidang.
 Fungsi televise adalah menghibur khalayak dengan tujuan untuk melepaskan kelelahan setelah beraktivitas seharian. Hiburan tampak dominan melekat pada televisi siaran. Sebagian alokasi waktu siaran diisi oleh acara-acara hiburan. Hal ini dapat dimengerti oleh karena pada layar televisi dapat ditampilkan gambar hidup beserta suaranya bagaikan kenyataan dan dapat dinikmati oleh khlayak
Suatu program siaran televisi dapat dilihat dan didengar oleh pemirsa karena dipancarkan oleh pemancar. Dalam segi ini, prinsip pemancaran dan prinsip penangkapan oleh pemancar televisi adalah sama dengan prinsip radio. Sering gambar pada layar televisi mendadak menjadi jelek sedang suaranya tetap baik. Disini jelas bahwa segi auditifnya baik dan pada siaran televisi terdapat unsur radio.

Posting Komentar