FUNGSI KOMUNIKASI MASSA

Daftar Isi


Kita akan membahas tentang fungsi komunikasi massa. Perkembangan masyarakat yang dipacu oleh kemajuan teknologi komunikasi yang semakin canggih menunjukkan pengaruh yang kuat terhadap kemekaran media massa, tetapi dilain pihak secara timbal balik menimbulkan dampak yang positif dan dampak negatif bagi masyarakat.
Dampak positif yang timbul akibat adanya kemajuan dibidang komunikasi massa bagi masyarakat antara lain mendorong perkembangan intelektual masyarakat, keterampilan, serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan, dan dapat menyebarluaskan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, sedangkan dampak negatif dari komunikasi massa antara lain pudarnya nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, nilai-nilai agama yang dianut masyarakat karena banyaknya program media massa khususnya televisi yang menyiarkan acara dari barat seperti film-film luar yang menampilkan budaya barat yang kadang tidak sesuai dengan budaya Bangsa Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, diharapkan kemajuan komunikasi massa paling tidak dapat memberikan dampak yang positif dan meminimalisir dampak negatif perkembangan komunikasi massa, dengan demikian bagi pengguna media massa harus mengetahui fungsi komunikasi massa. Fungsi komunikasi massa menurut Sean Mac Bridge yang dikutip oleh Effendy (1984:27-28) bahwa komunikasi massa dipandang arti luas tidak hanya diartikan sebagai pertukaran pesan tetapi sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta, dan ide maka fungsinya sebagai sistem sosial adalah sebagai berikut:
1.      Informasi
Pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta, pesan, opini, dan komentar yang dibutuhkan agar orang dapat mengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi internasional, lingkungan orang lain agar dapat mengambil keputusan yang tepat.
2.      Sosialisasi; Pemasyarakatan
Memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif yang menyebabkan ia sadar akan fungsi sosial sehingga ia dapat aktif di masyarakat.
3.      Motivasi
Menjelaskan tujuan sikap masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang, mendorong untuk menentukan pilihan, keinginannya dan mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan bersama yang akan dikejar
4.      Perdebatan dan Diskusi
Menyediakan dan saling menukar fakta yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan atau menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah publik, menyediakan bukti yang relevan yang diperlukan untuk kepentingan umum dan agar masyarakat lebih melibatkan diri dalam masalah yang menyangkut kegiatan bersama di tingkat internasional, nasional, lokal.
5.      Pendidikan
Pengalihan ilmu pengetahuan sehingga mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak, pendidikan, keterampilan, serta kemahiran, yang diperlukan pada semua bidang kehidupan.
6.      Memajukan kebudayaan
Penyebarluasan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, perkembangan kebudayaan dengan memperluas horizon seseorang, membangunkan imajinasi dan mendorong kreativitas serta kebutuhan estetikanya.
7.      Hiburan
Penyebarluasan simbol, sinyal, suara dan citra, dari drama, tari, kesenian kesusastraan, musik, komedi, olah raga, permainan dan sebagainya untuk kreasi dan kesenangan kelompok atau individu
8.      Integrasi
Menyediakan bangsa, kelompok dan individu kesempatan memperoleh berbagai pesan yang diperlukan mereka agar mereka dapat saling kenal, mengerti, dan menghargai kondisi, pandangan, keinginan orang lain.
Penjelasan dari fungsi komunikasi massa sebagai sistem sosial menurut Sean Mac Bridge dapat diuraikan sebagai berikut:
1.   Komunikasi massa memberikan informasi
Komunikasi massa berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses
dan menyebarkan berita, data, gambar, fakta, pesan, opini dan komentar masyarakat, pejabat negara, pemuka masyarakat mengenai suatu hal yang dibutuhkan agar masyarakat mengerti dan mengambil keputusan yang tepat terhadap kondisi Nasional dan Internasional.
2.   Komunikasi massa sebagai tempat sosialisasi masyarakat
Komunikasi massa berfungsi untuk menyadarkan masyarakat akan fungsi sosialnya misalnya bagaimana seharusnya berinteraksi dengan masyarakat sekelilingnya dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang efektif dan dapat aktif dimasyarakat.
3.   komunikasi massa memberikan motivasi
Komunikasi massa dapat menjelaskan apa tujuan sikap masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat mendorong atau memotivasi masyarakat untuk mencapai tujuan yang diinginkan masyarakat.
4.     Komunikasi massa untuk melakukan perdebatan dan diskusi
Komunikasi massa dapat menyediakan fakta dan tukar menukar bukti yang diperlukan untuk kepentingan umum untuk menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah publik.
5.     Komunikasi massa memeberikan pendidikan
Komunikasi massa dapat mentransfer berbagai ilmu pengetahuan dari negara yang sistem pendidikannya sudah maju seperti ilmu pengetahuan tentang teknologi canggih, sehingga mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak, meningkatnya keterampilan dan kemahiran yang diperlukan semua bidang kehidupan.
6.     Komunikasi memajukan kebudayaan
Melalui komunikasi massa, hasil kebudayaan dan seni dapat disebarluaskan kedalam negeri maupun luar negeri dengan maksud untuk melestarikan warisan masa lalu dan mendorong kreativitas, membangun imajinasi, serta kebutuhan estetikanya.
7.     Komunikasi memberikan  hiburan
Komunikasi massa menyebarluaskan simbol, sinyal, suara dan citra dari drama, tari, kesenian, kesusastraan, musik, komedi, olah raga dan sebagainya dengan tujuan memberikan hiburan kepada masyarakat.
8.     Komunikasi massa untuk mengintegrasikan bangsa
Komunikasi massa memberikan kesempatan kepada bangsa, kelompok, individu untuk saling mengenal, mengerti, menghargai kondisi, pandangan dan keinginan orang lain, kelompok, dan bangsa lain.
Dari berbagai pendapat mengenai fungsi komunikasi massa, Effendy lebih meringkas fungsi komunikasi massa menjadi tiga fungsi yaitu:
1.     Menyampaikan informasi (To inform)
2.     Mendidik (To educate)
3.     Menghibur (To entertain)
4.     Mempengaruhi  (To influence)
Penjelasan dari fungsi komunikasi massa menurut Effendy dapat diuraikan sebagai berikut:
1.         Komunikasi massa menyampaikan informasi
Fungsi utama dari komunikasi massa adalah menyiarkan informasi. Misalkan saja khalayak berlangganan surat kabar karena memerlukan informasi mengenai berbagai peristiwa atau hal yang terjadi dibumi ini. Pada umumnya informasi ini berbentuk berita yang mencakup peristiwa yang terjadi, apa yang dilakukan orang, apa gagasan orang, apa yang dipikirkan orang dan apa yang dikatakan orang.
2.         Komunikasi massa memberikan pendidikan
Fungsi komunikasi massa selain memberikan informasi, juga memberikan pendidikan kepada pemirsa dengan tujuan menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan bagi pemirsa
3.         Komunikasi massa memberikan hiburan
Fungsi komunikasi massa  selain memberikan informasi dan mendidik adalah untuk menghibur khalayak. Banyak program media massa yang dikemas untuk menghibur pemirsa, seperti media massa televisi, radio, sehingga khalayak membeli pesawat radio atau televisi untuk mendapatkan hiburan. Kalaupun ada program televisi disajikan dari segi-segi informasi dan pendidikan hanyalah sebagai pelengkap saja dalam rangka memenuhi kebutuhan alamiah manusia dimana setiap orang dimanapun juga ingin mengetahui apa yang terjadi dalam waktu yang secepat-cepatnya. 
4.            Komunikasi massa untuk mempengaruhi
Fungsi komunikasi massa selain memberikan informasi, mendidik dan menghibur juga mempengaruhi agar pemirsa mengikuti apa yang diinginkan oleh komunikator komunikasi massa. Sebagai contoh, televisi sebagai media untuk melakukan kegiatan komunikasi massa sering memberikan informasi produk baik barang, jasa, ide, gagasan melalui iklan kepada pemirsa yang tujuan akhirnya adalah mempengaruhi pemirsa untuk membeli produk tersebut
Beberapa ahli yang menambahkan fungsi media massa umpamanya saja fungsi mempengaruhi (to influence), fungsi membimbing (to guide), fungsi mengkritik (to critise) dan lain-lain, tetapi semua itu hanya merupakan tambahan saja terhadap keempat fungsi komunikasi massa yaitu menyiarkan informasi, mendidik, dan menghibur. Pada akhirnya semua media massa dalam melakukan fungsinya saling mengisi dengan menyesuaikan pada fungsi utama yang dimiliki masing-masing.

Posting Komentar