FUNGSI KOMUNIKASI MASSA
Daftar Isi
Kita
akan membahas tentang fungsi komunikasi
massa. Perkembangan masyarakat yang dipacu oleh kemajuan teknologi
komunikasi yang semakin canggih menunjukkan pengaruh yang kuat terhadap
kemekaran media massa, tetapi dilain pihak secara timbal balik menimbulkan
dampak yang positif dan dampak negatif bagi masyarakat.
Dampak
positif yang timbul akibat adanya kemajuan dibidang komunikasi massa bagi
masyarakat antara lain mendorong perkembangan intelektual masyarakat,
keterampilan, serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan, dan
dapat menyebarluaskan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan
warisan masa lalu, sedangkan dampak negatif dari komunikasi massa antara lain
pudarnya nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, nilai-nilai agama yang dianut
masyarakat karena banyaknya program media massa khususnya televisi yang
menyiarkan acara dari barat seperti film-film luar yang menampilkan budaya
barat yang kadang tidak sesuai dengan budaya Bangsa Indonesia.
Berdasarkan
hal tersebut, diharapkan kemajuan komunikasi massa paling tidak dapat
memberikan dampak yang positif dan meminimalisir dampak negatif perkembangan
komunikasi massa, dengan demikian bagi pengguna media massa harus mengetahui
fungsi komunikasi massa. Fungsi komunikasi massa menurut Sean Mac Bridge yang
dikutip oleh Effendy (1984:27-28) bahwa komunikasi massa dipandang arti luas
tidak hanya diartikan sebagai pertukaran pesan tetapi sebagai kegiatan individu
dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta, dan ide maka fungsinya sebagai
sistem sosial adalah sebagai berikut:
1. Informasi
Pengumpulan, penyimpanan,
pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta, pesan, opini, dan komentar
yang dibutuhkan agar orang dapat mengerti dan beraksi secara jelas terhadap
kondisi internasional, lingkungan orang lain agar dapat mengambil keputusan
yang tepat.
2. Sosialisasi; Pemasyarakatan
Memungkinkan orang bersikap dan
bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif yang menyebabkan ia sadar
akan fungsi sosial sehingga ia dapat aktif di masyarakat.
3. Motivasi
Menjelaskan tujuan sikap masyarakat
jangka pendek maupun jangka panjang, mendorong untuk menentukan pilihan,
keinginannya dan mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan
bersama yang akan dikejar
4. Perdebatan dan Diskusi
Menyediakan dan saling menukar fakta
yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan atau menyelesaikan perbedaan
pendapat mengenai masalah publik, menyediakan bukti yang relevan yang
diperlukan untuk kepentingan umum dan agar masyarakat lebih melibatkan diri
dalam masalah yang menyangkut kegiatan bersama di tingkat internasional,
nasional, lokal.
5. Pendidikan
Pengalihan ilmu pengetahuan sehingga
mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak, pendidikan,
keterampilan, serta kemahiran, yang diperlukan pada semua bidang kehidupan.
6. Memajukan kebudayaan
Penyebarluasan hasil kebudayaan dan seni
dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, perkembangan kebudayaan dengan
memperluas horizon seseorang, membangunkan imajinasi dan mendorong kreativitas
serta kebutuhan estetikanya.
7. Hiburan
Penyebarluasan simbol, sinyal, suara dan
citra, dari drama, tari, kesenian kesusastraan, musik, komedi, olah raga,
permainan dan sebagainya untuk kreasi dan kesenangan kelompok atau individu
8. Integrasi
Menyediakan bangsa, kelompok dan
individu kesempatan memperoleh berbagai pesan yang diperlukan mereka agar
mereka dapat saling kenal, mengerti, dan menghargai kondisi, pandangan,
keinginan orang lain.
Penjelasan dari fungsi komunikasi massa sebagai sistem
sosial menurut Sean Mac Bridge dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Komunikasi massa memberikan informasi
Komunikasi massa berfungsi untuk
mengumpulkan, menyimpan, memproses
dan menyebarkan berita, data, gambar,
fakta, pesan, opini dan komentar masyarakat, pejabat negara, pemuka masyarakat
mengenai suatu hal yang dibutuhkan agar masyarakat mengerti dan mengambil
keputusan yang tepat terhadap kondisi Nasional dan Internasional.
2. Komunikasi massa sebagai tempat sosialisasi
masyarakat
Komunikasi massa berfungsi untuk
menyadarkan masyarakat akan fungsi sosialnya misalnya bagaimana seharusnya
berinteraksi dengan masyarakat sekelilingnya dan kewajibannya sebagai anggota
masyarakat sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang efektif dan dapat aktif
dimasyarakat.
3. komunikasi massa memberikan motivasi
Komunikasi massa dapat menjelaskan apa
tujuan sikap masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat mendorong
atau memotivasi masyarakat untuk mencapai tujuan yang diinginkan masyarakat.
4. Komunikasi
massa untuk melakukan perdebatan dan diskusi
Komunikasi massa dapat menyediakan fakta
dan tukar menukar bukti yang diperlukan untuk kepentingan umum untuk
menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah publik.
5. Komunikasi
massa memeberikan pendidikan
Komunikasi massa dapat mentransfer
berbagai ilmu pengetahuan dari negara yang sistem pendidikannya sudah maju
seperti ilmu pengetahuan tentang teknologi canggih, sehingga mendorong
perkembangan intelektual, pembentukan watak, meningkatnya keterampilan dan
kemahiran yang diperlukan semua bidang kehidupan.
6. Komunikasi
memajukan kebudayaan
Melalui komunikasi massa, hasil
kebudayaan dan seni dapat disebarluaskan kedalam negeri maupun luar negeri
dengan maksud untuk melestarikan warisan masa lalu dan mendorong kreativitas,
membangun imajinasi, serta kebutuhan estetikanya.
7. Komunikasi
memberikan hiburan
Komunikasi massa menyebarluaskan simbol,
sinyal, suara dan citra dari drama, tari, kesenian, kesusastraan, musik,
komedi, olah raga dan sebagainya dengan tujuan memberikan hiburan kepada
masyarakat.
8. Komunikasi
massa untuk mengintegrasikan bangsa
Komunikasi massa memberikan kesempatan
kepada bangsa, kelompok, individu untuk saling mengenal, mengerti, menghargai
kondisi, pandangan dan keinginan orang lain, kelompok, dan bangsa lain.
Dari
berbagai pendapat mengenai fungsi komunikasi massa, Effendy lebih meringkas
fungsi komunikasi massa menjadi tiga fungsi yaitu:
1. Menyampaikan
informasi (To inform)
2. Mendidik
(To educate)
3. Menghibur
(To entertain)
4. Mempengaruhi (To influence)
Penjelasan
dari fungsi komunikasi massa menurut Effendy dapat diuraikan sebagai berikut:
1.
Komunikasi massa menyampaikan informasi
Fungsi utama dari komunikasi
massa adalah menyiarkan informasi. Misalkan saja khalayak berlangganan surat
kabar karena memerlukan informasi mengenai berbagai peristiwa atau hal yang
terjadi dibumi ini. Pada umumnya informasi ini berbentuk berita yang mencakup
peristiwa yang terjadi, apa yang dilakukan orang, apa gagasan orang, apa yang
dipikirkan orang dan apa yang dikatakan orang.
2.
Komunikasi massa memberikan pendidikan
Fungsi komunikasi massa
selain memberikan informasi, juga memberikan pendidikan kepada pemirsa dengan
tujuan menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan bagi pemirsa
3.
Komunikasi massa memberikan hiburan
Fungsi komunikasi massa selain memberikan informasi dan mendidik
adalah untuk menghibur khalayak. Banyak program media massa yang dikemas untuk
menghibur pemirsa, seperti media massa televisi, radio, sehingga khalayak
membeli pesawat radio atau televisi untuk mendapatkan hiburan. Kalaupun ada
program televisi disajikan dari segi-segi informasi dan pendidikan hanyalah
sebagai pelengkap saja dalam rangka memenuhi kebutuhan alamiah manusia dimana
setiap orang dimanapun juga ingin mengetahui apa yang terjadi dalam waktu yang
secepat-cepatnya.
4. Komunikasi massa untuk mempengaruhi
Fungsi komunikasi massa
selain memberikan informasi, mendidik dan menghibur juga mempengaruhi agar
pemirsa mengikuti apa yang diinginkan oleh komunikator komunikasi massa.
Sebagai contoh, televisi sebagai media untuk melakukan kegiatan komunikasi
massa sering memberikan informasi produk baik barang, jasa, ide, gagasan
melalui iklan kepada pemirsa yang tujuan akhirnya adalah mempengaruhi pemirsa
untuk membeli produk tersebut
Beberapa
ahli yang menambahkan fungsi media massa umpamanya saja fungsi mempengaruhi (to
influence), fungsi membimbing (to guide), fungsi mengkritik (to
critise) dan lain-lain, tetapi semua itu hanya merupakan tambahan saja
terhadap keempat fungsi komunikasi massa yaitu menyiarkan informasi, mendidik,
dan menghibur. Pada akhirnya semua media massa dalam melakukan fungsinya saling
mengisi dengan menyesuaikan pada fungsi utama yang dimiliki masing-masing.
Posting Komentar