Falsafah Kemitraan dan Kebijakan dalam Supplier Relations

Daftar Isi


Mari kita bahas tentang falsafah kemitraan dan kebijakan dalam supplier relations. Sebuah kemitraan tentunya harus dilandasi oleh pengertian, kepercayaan, dan kejujuran, agar dapat memasuki kemitraan jangka panjang. Hal tersebut merupakan falsafah yang menjadi pegangan bagi para perusahaan untuk menjalin kerjasama dalam sebuah kemitraan dengan para pemasok. Seperti yang diungkapkan oleh Moore bahwa, “Semakin banyak perusahaan yang memasuki kemitraan jangka panjang berdasarkan pada pengertian, kepercayaan dan kejujuran”.
Pemilihan pemasok yang tepat dan berkualitas memang tidak gampang, karena kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat dan persaingan dalam memperoleh pemasok yang berkualitas semakin meningkat, maka pemilihan terhadap pemasokpun harus  benar-benar diperhatikan, selain itu “Terdapat tiga faktor penting yang sangat mempengaruhi pemilihan pemasok, diantaranya yaitu kualitas bahan dan kecakapan kerja, pelayanan terhadap kebutuhan produksi, serta harga yang wajar”.  (Moore)

Tentunya selain hal-hal tersebut diatas, perusahaan mempunyai kriteria lain dalam memilih pemasok. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan yang bersangkutan. Dalam hubungan pemasok pembeli, para pembeli yang memutuskan barang apa saja yang dipabrikkan, jumlah yang diinginkan, harga, dan kapan barang itu harus dikirimkan. Pemasok merencanakan dan membuat barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan para pembeli.
Hubungan yang baik dengan para pemasok bergantung pada kebijakan pembelian dan pelaksanaan yang baik dari suatu perusahaan yang bersangkutan, dikemukakan  bahwa:
“Suatu kebijakan pembelian menentukan kewajiban dan tanggung jawab para pembeli dan pemasok. Sebuah perusahaan mempertimbangkan kepentingan sumber-sumber persediaan dengan menjalankan praktek guna memperoleh sumber penghasilan yang baik, hal ini amat penting dalam usaha melibatkan semua personel guna mematuhi kebijakan pembelian dan pelaksanaan perusahaan tersebut.” (Moore)
(Sumber tulisan : Effendy, Uchjana, O.  1989.  Human Relations dan Public Relations dalam Manajement.  CV Mandar Maju,  Bandung.)





Posting Komentar