Falsafah Kemitraan dan Kebijakan dalam Supplier Relations
Daftar Isi
Mari
kita bahas tentang falsafah kemitraan
dan kebijakan dalam supplier relations. Sebuah kemitraan tentunya harus
dilandasi oleh pengertian, kepercayaan, dan kejujuran, agar dapat memasuki kemitraan
jangka panjang. Hal tersebut merupakan falsafah yang menjadi pegangan bagi para
perusahaan untuk menjalin kerjasama dalam sebuah kemitraan dengan para pemasok.
Seperti yang diungkapkan oleh Moore bahwa, “Semakin banyak perusahaan yang
memasuki kemitraan jangka panjang berdasarkan pada pengertian, kepercayaan dan
kejujuran”.
Pemilihan pemasok yang tepat dan berkualitas memang tidak
gampang, karena kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat dan persaingan
dalam memperoleh pemasok yang berkualitas semakin meningkat, maka pemilihan
terhadap pemasokpun harus benar-benar
diperhatikan, selain itu “Terdapat tiga faktor penting yang sangat mempengaruhi
pemilihan pemasok, diantaranya yaitu kualitas bahan dan kecakapan kerja,
pelayanan terhadap kebutuhan produksi, serta harga yang wajar”. (Moore)
Tentunya selain hal-hal tersebut diatas, perusahaan
mempunyai kriteria lain dalam memilih pemasok. Hal tersebut disesuaikan dengan
kebutuhan dan kebijakan perusahaan yang bersangkutan. Dalam hubungan pemasok
pembeli, para pembeli yang memutuskan barang apa saja yang dipabrikkan, jumlah
yang diinginkan, harga, dan kapan barang itu harus dikirimkan. Pemasok
merencanakan dan membuat barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan para
pembeli.
Hubungan
yang baik dengan para pemasok bergantung pada kebijakan pembelian dan
pelaksanaan yang baik dari suatu perusahaan yang bersangkutan, dikemukakan bahwa:
“Suatu
kebijakan pembelian menentukan kewajiban dan tanggung jawab para pembeli dan
pemasok. Sebuah perusahaan mempertimbangkan kepentingan sumber-sumber
persediaan dengan menjalankan praktek guna memperoleh sumber penghasilan yang
baik, hal ini amat penting dalam usaha melibatkan semua personel guna mematuhi
kebijakan pembelian dan pelaksanaan perusahaan tersebut.” (Moore)
(Sumber
tulisan : Effendy, Uchjana, O.
1989. Human Relations dan Public Relations dalam Manajement. CV Mandar Maju, Bandung.)
Posting Komentar