FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN SINUSITIS

Daftar Isi

Sinusitis

Ada seorang kawan kuliah, yang sempat pernah operasi sinusitis. Waktu dia saya tanya penyebabnya apa, katanya karena terlalu banyak minum es. Benarkah? Apa bukan karena adanya konspirasi kemakmuran hingga lubang hidung labil? (He he.. Vicki Syndrom.) Mari kita lihat faktor-faktor yang menyebabkan sinusitis.
Sinusitis dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya :

  • Hidung tersumbat antara lain disebabkan oleh infeksi virus flu di saat tubuh kurang fit. Infeksi yang menyerang di sekitar hidung dan tenggorokan ini tak jarang menjalar ke sinus (rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir).
  • Radang pada rongga hidung ini bisa juga disebabkan oleh cara kita membuang ingus yang salah.  Ingus yang seharusnya keluar malah tersedot masuk ke rongga sehingga susah dikeluarkan. Dapat disebabkan oleh virus ,bakteri atau jamur.
  • Kuman yang biasa menyerang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae yang ditemukan hampir pada 70 % kasus.
  • Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan, radang Amandel, radang pada gigi geraham atas, kadang juga disebabkan karena berenang, menyelam, trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat)
  • Allergi dapat memperberat penyakit ini, sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.


Posting Komentar