FAKTOR-FAKTOR DAN FUNGSI YANG MEMPENGARUHI TIMBULNYA BRAND AWARENESS

Daftar Isi


Ada beberapa faktor-faktor dan fungsi yang mempengaruhi timbulnya brand awareness yang akan kita bahas sesaat lagi. Kesadaran merk (brand awareness) yang merupakan salah satu unsur penting dalam pencapaian ekuitas merk suatu produk, sudah barang tentu mendapatkan perhatian dari perusahaan dalam upaya memasarkan produknya. Perhatian perusahaan yang tinggi atas kesadaran konsumen terhadap merk produk mereka ini, di dasarkan atas berbagai faktor. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan.

Aaker  menjabarkan bahwa “ Kesadaran merk tersebut bisa menjadi suatu signal dari kehadiran, komitmen dan substansi. Ketiga hal tersebut secara tidak langsung merupakan peryataan perusahaan kepada publik mengenai keberadaan produk mereka di pasaran. Pernyataan keberadaan produk mereka merupakan salah satu faktor dari dalam  diri perusahaan, faktor-faktor dari dalam perusahaan yang mempengaruhi timbulnya brand awareness adalah :
1.     Perusahaan tetap menggeluti bisnis tersebut dalam waktu lama.
2.     Perusahaan telah mengiklankan produknya secara luas
3.     Perusahaan mempunyai jaringan distribusi yang luas.
Dari luar perusahaan terdapat beberapa hal yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya brand awareness adalah :
a.     Konsumen melakukan pembelian ulang atas merk produk perusahaan.
b.    Merk tersebut berhasil, merk lain menggunakannya
Selain dari faktor-faktor tersebut, brand awareness juga mempunyai fungsi-fungsi yang mendukung tercapainya suatu ekuitas merk. Fungsi-fungsi tersebut adalah :
a.     Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai keberadaan merk di pasaran.
b.    Menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembeliaan serta melakukan pengulangan-pengulangan   pembelian kembali.
c.     Mempermudah menguasai pangsa pasar apabila produk perusahaan tersebut merupakan produk perintis di pasaran.

1 komentar

Comment Author Avatar
12 April 2016 pukul 15.48 Hapus
mas, boleh tau ga informasi sumbernya darimana apakah ada jurnalnya ?
thanks