DEFENISI KINERJA
Daftar Isi
Definisi Kinerja |
Dalam Kamus Besar Bahasa indonesia
diakatakan bahwa kinerja adalah sesuatu yang dicapai, prestasi yang
diperlihatkan, kemampuan kerja. Kinerja adalah tingkat pencapaian hasil atas
pelakasanaan tugas tertentu. Kinerja perusahaan atau Ruamh sakit adalah tingkat pencapaian hasil dalam
rangka mewujudkan tujuan Rumah Sakit.
Dilihat
dari asalnya, kata kinerja adalah terjemahan dari kata Performance, menurut The
Scribner- Bantan English Dictionary, terbitan Amerika (1979) berasal dari
kata “ to perform “ dengan beberapa “
entries “ yaitu : (1) melakukan,
menjalankan, melaksanakan, (2) memenuhi atau melaksanakan kewajiban suatu niat
atau nazar, (3) melaksanakan atau menyempurnakan tanggug jawab dan (4)
melakukan sesuatu yang diharapkan oleh seseorang atau mesin.
Defenisi kinerja menurut Bambang
Kusrianto adalah
perbandingan hasil yang
dicapai dengan peran serta tenaga kerja persatuan waktu (lazimnya per jam). (dalam
mangkunegara, 2006)
Menurut
Mairer (dalam As’ad, 2004),
menyatakan bahwa kinerja adalah sebagai kesuksesan seseorang didalam
melaksanakan suatu pekerjaan.
Pendapat
lain berpandangan bahwa kinerja adalah hasil kerja karyawan baik dari segi
kualitas maupun kuantitas berdasarkan standar kerja yang ditentukan
(Mangkunegara, 2006)
Menurut
Smith (dalam sedarmayanti,2001), menyatakan bahwa performance atau kinerja adalah “ output drive from processes, human or
otherwise”. Jadi dikatakan bahwa kinerja merupakan hasil atau keluaran dari
suatu proses.
Kinerja
merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis
organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi. Dengan
demikian, kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai
dari pekerjaan tersebut (Wibowo,2007).
Kinerja
karyawan menurut Prabu Mangkunegara (2000), adalah hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai
dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Kinerja
adalah hasil dari proses pekerjaan tertentu secara terencana pada waktu dan
tempat dari karyawan serta organisasi yang bersangkutan, ukuran kinerja dapat
dilihat dari sisi jumlah dan mutu tertentu sesuai standar organisasi atau
perusahaan (Mangkuprawira, 2007).
Menurut
Hasibuan (dalam Hadari Nawawi,2006) kinerja adalah hasil kerja yang dicapai
seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya, berdasarkan
kecakapan, pengalaman, kesungguhan dan waktu. Dan dikatakan bahwa hasil kerja
atau prestasi kerja merupakan gabungan dari tiga faktor terdiri dari minat
dalam bekerja, penerimaan delegasi tugas, dan peran dan tingkat motivasi
seorang pekerja.
Menurut
Suyadi Prawirosentono (dalam Hadari Nawawi,2006) kinerja adalah hasil kerja
yang dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi/ perusahaan
sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka mencapai
tujuan organisasi secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral
dan etika.
Berdasarkan
pendapat beberapa ahli di atas, dapat
disimpulkan bahwa kinerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh karyawan atau
perawat dalam menyelesaiakan suatu pekerjaan yang sesuai dengan standar,
sasaran ukuran, dan tanggung jawab berdasarkan standar kerja baik secara
kualitas maupun kuantitas yang telah ditentukan dalam pekerjaan yang
bersangkutan.
Posting Komentar