DEFENISI KINERJA

Daftar Isi


Definisi Kinerja
Dalam Kamus Besar Bahasa indonesia diakatakan bahwa kinerja adalah sesuatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan, kemampuan kerja. Kinerja adalah tingkat pencapaian hasil atas pelakasanaan tugas tertentu. Kinerja perusahaan atau Ruamh sakit adalah tingkat pencapaian hasil dalam rangka mewujudkan tujuan Rumah Sakit.
Dilihat dari asalnya, kata kinerja adalah terjemahan dari kata Performance, menurut The Scribner- Bantan English Dictionary, terbitan Amerika (1979) berasal dari kata “ to perform “ dengan beberapa “ entries “ yaitu : (1) melakukan, menjalankan, melaksanakan, (2) memenuhi atau melaksanakan kewajiban suatu niat atau nazar, (3) melaksanakan atau menyempurnakan tanggug jawab dan (4) melakukan sesuatu yang diharapkan oleh seseorang atau mesin.
 Defenisi kinerja menurut Bambang Kusrianto  adalah
perbandingan hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja persatuan waktu (lazimnya per jam). (dalam mangkunegara, 2006)
            Menurut Mairer (dalam As’ad, 2004), menyatakan bahwa kinerja adalah sebagai kesuksesan seseorang didalam melaksanakan suatu pekerjaan.
            Pendapat lain berpandangan bahwa kinerja adalah hasil kerja karyawan baik dari segi kualitas maupun kuantitas berdasarkan standar kerja yang ditentukan (Mangkunegara, 2006)
            Menurut Smith (dalam sedarmayanti,2001), menyatakan bahwa performance atau kinerja adalah “ output drive from processes, human or otherwise”. Jadi dikatakan bahwa kinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses.
            Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi. Dengan demikian, kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut (Wibowo,2007).
            Kinerja karyawan menurut Prabu Mangkunegara (2000), adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
            Kinerja adalah hasil dari proses pekerjaan tertentu secara terencana pada waktu dan tempat dari karyawan serta organisasi yang bersangkutan, ukuran kinerja dapat dilihat dari sisi jumlah dan mutu tertentu sesuai standar organisasi atau perusahaan (Mangkuprawira, 2007).
            Menurut Hasibuan (dalam Hadari Nawawi,2006) kinerja adalah hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya, berdasarkan kecakapan, pengalaman, kesungguhan dan waktu. Dan dikatakan bahwa hasil kerja atau prestasi kerja merupakan gabungan dari tiga faktor terdiri dari minat dalam bekerja, penerimaan delegasi tugas, dan peran dan tingkat motivasi seorang pekerja.
            Menurut Suyadi Prawirosentono (dalam Hadari Nawawi,2006) kinerja adalah hasil kerja yang dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi/ perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika.
            Berdasarkan  pendapat beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kinerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh karyawan atau perawat dalam menyelesaiakan suatu pekerjaan yang sesuai dengan standar, sasaran ukuran, dan tanggung jawab berdasarkan standar kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang telah ditentukan dalam pekerjaan yang bersangkutan.

Posting Komentar