DAMPAK INFORMASI PRODUK TERHADAP KONSUMEN

Daftar Isi


Dampak informasi produk terhadap konsumen ditinjau dari pendekatan psikologis menggunakan model yang sering diterjemahkan dengan model Teori Hirarki Belajar. Menurut model ini bahwa setiap informasi produk akan menerpa konsumen dan akibatnya terjadi perubahan kognitif yaitu perhatian, kesadaran, pemahaman, dan kepercayaan seseorang terhadap produk yang diiklankan. Dengan kata lain konsumen harus memperhatikan, mengerti dan paham tentang informasi produk, setelah berhasil tahap selanjutnya adalah perubahan komponen afektif terhadap produk. Kesinambungan sikap mengakibatkan perubahan-perubahan komponen konatif, dimana konsumen menunjukkan perilaku yang nyata terhadap produk yang diinformasikan melalui iklan. Urutan proses dalam teori hirarki belajar yaitu: learn, feel, do (belajar, merasakan, bertindak) .

Dalam teori Model The Learning Hierarcy dijelaskan dan dicomtohkan bahwa pesan-pesan iklan Close up yang menerpa konsumen akan menimbulkan perubahan kognitif yaitu adanya perhatian dari konsumen, kesadaran akan keberadaan produk, pemahaman dan keyakinan terhadap suatu produk pasta gigi close up.
Setelah terjadi perubahan kognitif pada tahap selanjutnya adanya perubahan afektif yang mencakup sikap evaluasi, perasaan senang atau tidak senang, setuju atau tidak setuju dan perasaan suka atau tidak suka terhadap produk pasta gigi close up yang diiklankan.
Kesinambungan sikap konsumen mengakibatkan perubahan komponen konatif dimana konsumen menunjukkan perilaku yang nyata misalnya memutuskan untuk membeli produk yang diinformasikan melalui iklan.


Posting Komentar