CIRI-CIRI KHAS REMAJA

Daftar Isi



Berikut ciri-ciri khas remaja yang kerap dan umum terjadi :
       1.      Status anak remaja dalam periode ini tidak tentu
Dalam periode ini status anak remaja dalam masyarakat boleh dikatakan tidak dapat ditentukan dan  membingungkan. Pada suatu waktu dia diperlakukan seperti anak-anak akan tetapi bilamana dia berkelakuan seperti anak-anak, dia mendapat teguran agar supaya bertindak sesuai dengan umurnya jangan seperti anak-anak. Status demikian ini menimbulkan kesukaran bagi anak remaja.

2.      Dalam masa ini anak remaja emosional
Emosi-emosi yang dialami anak remaja antara lain adalah :
  1. Marah; kemarahan anak remaja ditimbulkan bilamana dia; diperlakukan kurang adil dan sewenang-wenang, dikecam, diganggu, dll.
  2. Takut; berada sendirian di tempat gelap, bepergian sendirian dimalam hari.
  3. Malu; karena ingin memberikan kesan yang baik dari dirinya pada orang lain akan tetapi tidak yakin dia dapat menimbulkan kesan demikian.
  4. Cemas; terhadap tampang, kekuatan badan, daya pikir, keuangan, dll
  5. Iri hati; iri terhadap kesenangan anak lain, anak lain lebih berhasil dalam pelajarannya, dll
  6. Rasa kasih sayang; pada umumnya rasa kasih sayang anak remaja lebih ditujukan kepada orang-orang di luar rumah.
  7. Kegembiraan; melihat kelucuan, menyesuaikan dengan keadaan sekitar
  8. Rasa ingin tahu; cara anak remaja menyatakan rasa ingin tahu adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa saja kepada siapa saja. mereka senang membicarakan mengenai segala sesuatu dan memberikan komentar-komentarnya.
  9. Kesedihan; biasanya kesedihan dinyatakan dengan menangis atau termenung.
3.      Anak remaja dalam masa ini tidak stabil keadaannya
Dalam masa ini anak remaja tidak stabil keadaannya, kesedihan yang tiba-tiba berganti dengan kegembiraan, rasa percaya diri berganti dengan rasa meragukan diri sendiri, mementingkan orang lain berganti menjadi mementingkan diri sendiri, antusias mengerjakan sesuatu berganti dengan sikap acuh tak acuh.
4.      Anak remaja mempunyai banyak masalah
Bagi anak remaja rasanya dia menghadapi masalah yang banyak sekali dan sukar untuk diselesaikan, sebabnya ialah dahulu di masa kanak-kanak, dia selalu dibantu oleh orang tua dan guru-guru dalam menyelesaikan persoalannya. Sekarang dia menganggap orang tua dan gurunya terlalu tua akan mengerti pikiran dan perasaan-perasaannya untuk dapat membantu dia. Sikap orang dewasa terhadap anak remaja adalah pada umumnya kurang senang. Sikap orang dewasa tersebut disebabkan karena anak remaja seringkali bersifat keras kepala, dia malahan mengerjakan sebaliknya dari apa yang diharapkan daripadanya. Anak- anak remaja mengerti bahwa mereka semua selalu dipandang sebagai anak yang tidak bertanggung jawab, tidak menjaga kebersihan, kerapihan dan sebagainya. Hal ini menimbulkan ketegangan antara anak remaja dengan orang tuanya dan menyebabkan adanya suatu jarak diantara mereka.
5.      Masa ini adalah masa yang kritis
Dikatakan demikian karena dalam masa ini ditentukan apakah anak dapat menghadapi persoalan-persoalannya dengan baik dalam masa remaja dan selanjutnya bilamana dia telah dewasa. 

1 komentar

Comment Author Avatar
3 Desember 2021 pukul 09.16 Hapus
Pelajaran dan pendidikan akhlak sangat penting bagi pelajar muslim di seluruh Indonesia. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
ciri ciri remaja Sifat sifat umar bin Khattab Ufa Bunga SMartphone