CARA MENGATASI SAKIT MATA DENGAN BAHAN ALAMI

Daftar Isi


Mata Memerah

Bagaimana cara mengatasi sakit mata dengan bahan alami? Ketika sakit mata sudah barang tentu kita tidak bisa nyaman dalam melakukan apapun sebab dengan mata yang bermasalah sangat berdampak pada seluruh aktivitas yang sedang kita lakukan.
Sakit mata yang kerap terjadi pada masyarakat kita merupakan penyakit mata menular seperti beleken, dan sejenisnya. Meskipun bukan tergolong penyakit yang berbahaya namun cukup membat penderitanya jadi tesiksa. Dan lebih parah lagi jenis sakit mata ini bisa menular dengan cepat ke orang lain yang berada disekitarnya.
Biasanya jika dalam satu keluarga ada yang terkena penyakit belek, maka sudah dipastikan satu kelurga bakal tertular, terutama bagi mereka yang berimunitas rendah.
Resep Obat Mata 1
Bahan
Kayu secang (Caesalpinia sappan) 5-10 cm
Air bersih 1 gelas
Cara
Aduk kayu secang dalam air bersih.
Teteskan airnya 1-3 x 1 hari sebanyak1-3 tetes.
Resep Obat Mata 2
Bahan
Pucuk daun waru laut (Hibiscus tiliaceus) 2-3 lembar
Bawang merah (Allium cepa) 1-2 siung
Madu 1 sendok teh
Cara Membuat
Cuci sampai bersih pucuk daun waru laut dan bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan madu, peras.
Minum ramuan herbal tradisional 2-3 x 1 hari.
Resep Obar Mata 3
Bahan
4 lembar daun sirih
Cara Membuat
Cuci bersih, potong-potong dengan tangan, seduh dengan air panas
Setelah hangat, lalu saring untuk memisahkan air seduhan dengan dedaunan sirih, air ini yang Anda gunakan. Saya membenamkan mata saya kedalamnya. Ketika berada didalam air, saya membuka mata, agar airnya mengenai mata.
Kalau cara di atas belum juga manjur, coba yang ini :
1. Cucilah muka anda dengan air bersih hingga mata anda terbebas dari kotoran dan debu.
2. Kemudian keringkan menggunakan handuk bersih.
3. Siapkan 1 siung bawang putih yang sudah di kupas bersih.
4. Potonglah sedikit bagian ujung bawang putih. Ini bertujuan untuk mengeluarkan kandungan bawang putih.
5. Gosokkan secara perlahan sejajar akar bulu mata seperti saat anda menggunakan eye liner.
6. Lakukan hanya pada kelopak bagian bawah saja, karena kandungan bawang putih yang menguap dari kelopak bagian bawah akan langsung mengenai mata.
7. Tunggulah beberapa saat hingga terasa perih, mengeluarkan air mata, geli, bahkan gatal hingga membuat seolah-olah kepala bergoyang.
8. Biarkan saja, jangan langsung di cuci, bahkan lakukan penggosokan sampai beberapa kali lagi.
9. Agar tidak mengganggu pekerjaan, sebaiknya lakukan treatment ini sesaat sebelum tidur.
Berikut ini cara tersimpel untuk meringankan sakit mata dan menjaga kesehatan mata :
           Gunakan kompres bersih dan hangat pada mata selama 2-3 menit untuk efek menenangkan.
           Sebuah balutan di mata yang terbuat dari irisan mentimun dingin juga dapat sangat bermanfaat.
           Salah satu pengobatan rumah yang populer untuk sakit mata adalah menempatkan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air mawar kemudian dileakkan di atas mata selama beberapa menit. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi peradangan serta ketidaknyamanan.
           Cuci mata Anda dengan air atau susu hangat beberapa kali sehari untuk meringankan peradangan sakit mata.
           Obat lain yang sangat efektif untuk sakit mata adalah aplikasi jus kentang mentah dicampur dengan satu sendok teh minyak.
           Gel lidah buaya dikenal bermanfaat untuk banyak penyakit dan sakit mata merupakan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan gel lidah buaya. Rendam sepotong kain bersih di jus lidah buaya dan usapkan ke daerah mata dengan mengunakan kain lap tadi.
           Minum jus amla Indian gooseberry, dengan satu sendok teh madu yang ditambahkan ke dalamnya, dua kali setiap hari. Gooseberry India secara efektif melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.
           Ketumbar efektif dalam mengobati sakit mata. Buat ramuan dengan menggunakan beberapa ketumbar dan sedikit air dan menggunakan rebusan ini sebagai cuci mata. Ini membantu anda dalam mengurangi sensasi terbakar serta nyeri jika anda menederita sakit mata.
           Ekstrak jus dari sayuran seperti wortel, bayam dan parsley. Minum jus ini dua kali sehari untuk memulihkan dan meringankan penyakit sakit mata anda.
           Asupan vitamin A dan asam lemak makanan yang kaya asam lemak omega -3 juga dapat membantu dalam mengobati sakit mata. Faktor lain yang menentukan kesehatan mata Anda menjaga kebersihan, hindari menggosok mata Anda, mengenakan kacamata hitam dan mengistirahatkan mata Anda untuk menyingkirkan sakit mata anda dengan cepat

Posting Komentar