CARA BETERNAK/BUDIDAYA/MEMELIHARA IKAN GURAMI

Daftar Isi



Cara beternak Ikan Gurami
Cara memelihara gurami adalah sebagai berikut :
1.       Gurami cocok dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian 0-600 m dpl. Bila dibudidayakan di daerah bersuhu rendah atau di dataran tinggi umumnya pertumbuhan gurami akan melambat. Untuk mencapai ukuran konsumsi  500g / ekor diperlukan waktu pemeliharaan sekitar 8-9 bulan dari bibit ukuran 10-12 cm. Di dataran rendah cukup 6-7 bulan.

2.       Pada kolam seluas 500 m2 berkedalaman 1 m dapat ditebar 5.000 bibit gurami berbobot 75-100 g/ekor atau 10 ekor per m2. Jangan lupa memberi pakan tambahan berupa daun sente di luar pakan pelet supaya pertumbuhannya optimal.
3.       Obat untuk mengatasi penyakit mata benjol atau mata belo belum ada sampai saat ini. Penyakit bercak putih disebabkan oleh parasit Ichtyophthiriud multifiils yang muncul akibat kualitas air buruk, suhu air rendah kurang dari 280C, dan kurang pakan. Penyakit itu dapat diatasi dengan cara menaikkan suhu air di atas 280C sehingga parasit rontok. Kualitas air harus selalu dijaga baik dan ikan sakit direndam dalam larutan garam dapur NaCl dosis 0,3 ppm selama 15 menit. Hindari penggunaan bahan atau obat kimia agar gurami tidak mati.
4.       Gurami dapat dibudidayakan secar polikultur bersama ikan lainseperti nila, mas, tawe san tambakang.

(sumber : Majalah Trubus, Agustus 2010/XL1)

Posting Komentar