CARA AMPUH ATASI INSOMNIA

Daftar Isi


INSOMNIA

Susah tidur? Kali ini kita akan mengupas tentang cara ampuh mengatasi insomnia. Gangguan insomnia dapat dilacak dari cara hidup seseorang secara rutin sampai kehidupan malamnya. Bila insomnianya terjadi tengah malam (pukul 21.00 - 22.00 bisa tidur mudah tapi pukul 24.00 - 02.00 terbangun dan tidak bisa tidur lagi) dikatakan sebagai gangguan jiwa yang lumayan berat.
Bila terbangun di pagi buta (pukul 03.00 - 04.00) kemudian tidak bisa tidur kembali, biasanya itu berkaitan dengan gangguan depresi berat.
Selain faktor depresi, insomnia bisa juga akibat pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penggunaan obat tidur atau penenang dalam waktu lama, obat penurun tekanan darah tinggi golongan beta-blocker (seperti atenadol, madolol, dan propanodol).
1. Melakukan Aktivitas yang menyehatkan
Sebisa mungkin meluangkan waktu untuk beraktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh yang mempelajari efek olahraga terhadap tidur, melakukan latihan fisik bahkan dalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot terbukti dapat memperbaiki kesulitan tidur di kalangan perempuan. Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu mengatur suhu pada tubuh kita.
 2. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.
3. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.
4. Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.
5. Matikan Gadget atau Televisi. Turunkan intensitas cahaya pada layar gadget atau televisi bila Anda memang sedang menonton siaran atau membuka alat elektronik lainnya. Menonton televisi atau membuka gadget mungkin saja dapat membuat Anda lebih rileks, tetapi layat TV, tablet, atau komputer anda akan memancarkan cahaya biru lebih banyak ketimbang lampu di kamar Anda. Belum lagi, obyek yang Anda tatap di layar akan membuat Anda berkonsentrasi sehingga otak akan terus bekerja. Bukannya Anda tambah mengantuk, tetapi malah tambah asyik menatap layar.
Bila Anda tak mampu melepas kebiasaan menonton tv atau membuka gadget, pastikan untuk menurunkan intensitas cahaya sehingga tidak terlalu terang. Anda juga dapat menginstal sebuah program yang disebut f.lux pada laptop untuk secara otomatis mengurangi tingkat cahaya menjadi lebih gelap.
6. Buang semua beban pikiran anda, kebanyakan orang tidak bisa tidur karena memiliki suatu masalah yang terus ia pikirkan. Maka, buanglah jauh-jauh masalah anda ketika tidur agar bisa tidur dengan nyaman.
7. Hindari tidur yang berdekatan dengan jam tidur utama anda, seperti tidur disore hari. Ini akan membuat anda sulit tertidur di jam tidur utama anda dan akan berpengaruh pada jam bangun tidur anda.
8.Jangan sering bergadang, bergadang akan membuat tubuh anda akan sulit tertidur ketika anda akan menghentikan kebiasaaan ini, lantaran tubuh anda sudah terbiasa tidur larut malam. Serta usahakan agar anda tidur pada jam yang sama setiap malam karena akan membuat jam bangun tidur anda juga teratur.
9. Siapkan untuk tidur, anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.
10. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.
11. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur

Posting Komentar