BRAND AWARENESS SEBAGAI UNSUR BAURAN PEMASARAN

Daftar Isi


Dalam membangun suatu brand awareness suatu produk, perusahaan tidak bisa lepas dari salah satu unsur bauran pemasaran. Promosi merupakan salah satu unsur yang digunakan dalam membangun brand awareness di benak konsumen itu sendiri. Ini yang disebut dengan brand awareness sebagai unsur bauran pemasaran.
Kotler mengungkapkan ada lima bauran komunikasi atau bauran promosi yang biasa digunakan perusahaan, yaitu :
1.     Pengiklan, yaitu semua bentuk presentasi non personal dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapatkan pembayaran.

2.     Pemasaran  langsung, yaitu penggunaan surat, telephon, dan alat penghubung nonpersonal lainnya untuk berkomunikasi dengan atau mendapatkan respon dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu
3.     Promosi penjualan, yaitu intensif jangka pendek untuk mendorong keingginan mencoba atau pembelian produk atau jasa.
4.     Hubungan masyarakat dan publisitas, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
5.     Penjualan personal, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
Unsur-unsur bauran pemasaran lainnnya Stanton mengungkapkan bahwa periklanan terdiri dari “ semua kegiatan yang terlibat penyajian pesan non personal (tidak tertuju kepada seseorang tertentu ), disuarakan (oral) atau visual dan di biayai secara terbuka untuk suatu produk, jasa atau ide serta disiarkan lewat satu atau lebih media dan dibiayai oleh sponsor dan diketahui  umum.
Hubungan antara bauran promosi ( dalam hal ini periklanan ) dengan brand awareness merupakan hubungan yang mengikat diantara keduanya, di mana brand awareness tidak akan tercapai atau menancap dengan baik di benak konsumen apabila tidak di dukung oleh suatu strategi periklanan yang baik dan menarik. Tujuan yang berupaya untuk membujuk, menyampaikan informasi, serta mengingatkan konsumen akan keberadaan merk produk sehingga semakin memperkokoh brand awarenees di benak konsumen itu sendiri.

Posting Komentar